25/10/2021

Mengundurkan Diri, Nasdem Siapkan Penganti Mustakim

1 min read

BANGKO-Setelah diberhentikan oleh Partai Nasional Demokrat (Nadem) Oktober lalu. Akhirnya Mustakim secara terbuka menyampaikan surat pengunguran dirinya ke Partai pimpinan Surya Paloh tersebut.

Ketua DPD Partai Nasdem Merangin, Isman Cham, mengatakan seriring dengan pihaknya melakukan pengatian antar waktu (PAW) terhadap Mustakim dari anggota DPRD Merangin. Yang bersangkutan tertanggal 14 November juga melayangkan surat pengunduran diri.

“Kita baru saja menerima surat pengunduran diri Mustakim. Jadi tambah kuat syarat PAW Mustakim, dimana sebelumnya ada penolakan dari KPU terhadap putusan pemberhentian Mustakim yang kita ajukan, karena tidak ada putusan hukum yang ingkrah,” katanya, Selasa (15/11).

Cam menambahkan dalam surat pengunduran diri Mustakim yang ditanda tangani diatas matrai 6 ribu, tidak merincikan alasan kenapa mengundurkan diri secara detail.

“Yang jelas ada masalah internal. Banyak persoalan internal yang menerpa Mustakim, seperti kasus hukum, ditambah lagi hampir tiga bulan belakangan ini tidak bisa menjalankan tugas dengan baik, sesui absensi di DPR,” ucapnya.

Sekretaris DPD Nasdem Merangin, Edi Suratno, mengatakan sesuai pasal 405 ayat 1 undang-undang 17 tahun 2014 tetang MD 3, bahwa anggota DPR kabupaten kota berhenti antar waktu karena tiga hal yakni meninggal dunia, mengundurkan diri dan diberhentikan oleh partai.

“Mustakim sendiri, sudah memenuhi dua pelanggaran, maka sudah selayak dan selatutnya di ganti,” ungkapnya.

Kemudian juga diperkuat, lanjut Edi, dengan pasal 406 ayat 3 bahwa bahwa pimpinan DPRD mengajukan usulan pemberhentian ke Gubernur melalui Bupati untuk memperoleh peresmian pemberhentian.

“Surat akan kita ajukan Rabu ini, secara aturanya Mustakim masih tercatat di DPRD Merangin tinggal 7 hari lagi dari sekarang,” pungkasnya.(TM03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *