26/05/2022

Dialog Kebangsaan Politik dan Mimbar Bebas, Al Haris: “Kos Politik Ini Sangat Luar Biasa”

2 min read

JAMBI – Bupati Merangin, Al Haris Minggu (8/3) menjadi narasumber pada dialog kebangsaan dan mimbar bebas bersama ratusan mahasiwa Unja di Aula Rektorat Universitas Jambi (Unja) sekitar pukul 09.00 Wib.

Acara yang bertajuk,”Merajut Kesatuan Bangsa Dengan Berpolitik dan Semangat Berdemokrasi itu”, Al Haris diminta mencari solusi sebagai narasumber atas kejolak bangsa dan politik saat ini.

Bagi Al Haris, penomena yang terjadi saat ini di karenakan tata cara masyarakat Indonesia masih berpikir ego sektoral.

” Kita indonesia ini banyak sekali suku, ras, dan budaya, ya. Jadi masyarakat indonesia saat ini masih mengunakan pola pikir ego sektoral. Saya rasa itulah penyebabnya,” ungkap Al Haris.

Selain itu, kata Al Haris, Undang Undang politik tidak ada perubahan. Bagi setiap calon dituntut tampil tanpa pinensial.
Sementara, kos politik itu saat ini sangat luar biasa.

“Kalau bicara politik, tentu tidak lepas dari finensial. Karena kos politik saat ini sangat luar biasa,” ungkap Al Haris.

Al Haris, menceritakan, jika calon tersebut menampilkan program, itu sangat baik. Tapi jika sebaliknya jika kontestan itu tidak menampilkan program hanya mengadalkan finensial tentu ini yang berbahaya.

“Jadi jika kontestan itu tidak terpilih, maka ini akan menyebabkan depresi berat. ditambah lagi mengembalikan uang selama kontestasi itu,” beber Al Haris.

Untuk itu, bagi Al Haris, Undang Undang pilkada ini perlu di tinjau ulang dan bagaimana cara membuat regulasi agar kos politik itu lebih ringan.

” Jika itu dilakukan, tentu kos politik menurun dan bagi yang terpilih, tidak akan terjebak oleh korupsi,” tambahnya lagi.

Meski demikian, Al Haris berharap ke mahasiswa selalu mengawal selama proses pesta demokrasi ini agar terciptanya politik bersih.

” Saya berharap ke mahasiswa mari mengawal ini pesta demokrasi ini agar politik di jambi bersih. Jika ada terbukti, kontestan melakukan pelanggaran silahkan di demo,” pungkasnya. (*)

Penulis/Editor/Rafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.