28/10/2021

SMAN 1 Merangin Gelar Simulasi UNBK

2 min read

BANGKO – Untuk menguji kemampuan dan membiasakan siswa dalam mengerjakan soal-soal berbasis digital, SMAN 1 Merangin menggelar simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT). Simulasi ini diselenggarakan sejak Seni kemarin, hingga Rabu.

Simulasi ini diselenggarakan sama dengan UNBK sebenarnya, siswanya dibagi dalam tiga gelombang, tatanan meja, pengerjaan soal, serta pengawasan dilakukan layaknya UNBK sesungguhnya.

Kepala SMAN 1 Merangin, Misrinadi, kepada Terasmerangin.com mengatakan secara teknis bahwa sekolahnya sudah sangat siap menggelar UNBK. Namun masih ada kekurangan perangkat komputer sebanyak 40 unit.

“Masa pelaksaan UNBK kan masih lama, masih ada waktu untuk mempersiapkan semuanya, yang jelas kita siap melaksanakan UNBK di tahun ajaran ini dan akan diikuti oleh 303 siswa,” ucapnya.

Misrinadi mengatakan pelaksanaan UNBK sebenarnya sangat hemat dalam biaya, tidak repot membagikan soal, serta akurasi soal bisa dipertanggungjawabkan kerahasiannya. UNBK juga bisa dilakukan siswa dimana saja, bahkan apa bila peserta ujian sakit petugas bisa membawa laptop kerumah peserta.

“UNBK kita terapkan bukan semi online, melainkan benar-benar online langsung terhubung dengan pusat. Simulasi ini diharapkan SMA 1 layak menggelar UNBK secara online dan siswa akan terbiasa dengan UNBK,” ungkapnya.

Bahkan kedepan, Misrinadi, berencana tidak hanya bisa menggelar UNBK, tapi juga menggelar ujian harian atau ujian semester secara online, dengan soal dibuat guru disekolah.

“Ya kalau ada guru yang gaptek rasanya rugi dan akan ketinggalan nantinya. Bagaimana dia bisa membuat ujian online kalau tidak paham komputer, semoga saja semua guru di SMAN 1 Merangin ini pada trampil menggunakan komputer,” harapnya.

Untuk merealisasikan rencana ujian harian atau semester secara online, Misrinadi, berharap kedepannya siswa memiliki laptop, atau minimal handphone yang berbasis android agar ketika ujian bisa langsung mengakses soal.

“Program jangka pajang SMAN 1 Merangin itu, dan juga akan memberlakukan rapor digital, tentu itu semua butuh proses, semoga saja berjalan lancar,”  pungkasnya.(TM03)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *