20/10/2021

Hesti Haris Kukuhkan 215 Bunda PAUD Kelurahan dan Desa

2 min read

BANGKO-Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Merangin, Hj Hesti Haris, kukuhkan 215 Bunda PAUD Kelurahan dan Desa se Kabupaten Merangin, Senin (31/10). Acara yang diselenggaran di pondopo rumah dinas Bupati Merangin ini dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda), Sibawaihi, serta sejumlah pejabat Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin.

Kepada 215 Bunda PAUD tingkat kelurahan dan desa, Hasti Haris, menekankan agar Bunda PAUD yang baru saja dikukuhkan tersebut dapat mengetahui fungsi dan tugasnya, serta menjalankan program pendidikan anak usia dini di desa dan kelurahan.

“Pengukuhan tidak hanya sebatas acara serimonial dan pemasangan selempang. Tapi harus dapat memahami apa itu Bunda PAUD dan dapat mensosialisasikan pentingnya pendidikan anak usia dini ditengah masyarakat,” ujar Hesti Haris.

Menurutnya PAUD merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, bahasa dan komunikasi sesuai dengan tahap-tahap perkembangan yang dilalui anak usia dini.

“Jadi jangan sampai salah arah terhadap PAUD karena bisa membahayakan perkembangan anak. Jangan paksakan anak-anak belajar membaca dan berhitung, jangan bebankan mereka dengan PR atau hafalan. Mereka harus diberikan pengenalan, pembiasan, biarkanlah mereka bermain menyenangkan,” kata Hesti.

Sementara itu Sekda Merangin, Sibawaihi, dalam arahannya mengatakan kemajuan atau perkembangan anak tidak telepas dari peran bunda-bunda PAUD. Oleh sebab itu, Ia mengharapkan agar semua desa mempunyai lembaga PAUD.

“Setiap desa harus punya PAUD dan itu harus diwujudkan 2017 mendatang. Dan kepada Kades tolong bantu anggaran PAUD di desa masing-masing, jika tidak menyalahi aturan bantulah bangunan fisik dan lengkap dengan sarananya,” ucap Sibawaihi.

“Keberadaan PAUD ini sangat menunjang pendidikan, terutama untuk meningkatkan kecerdasan anak sejak usia dini. Jadi pemerintah akan berupaya untuk membantu peningkatan mutu dan kemajuan PAUD di Merangin,” tuntasnya.(TM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *