28/10/2021

Gara-gara Ribuan Kelelawar Bangunan SD 2 Jadi Rusak

2 min read

BANGKO – Perbaikan Sekolah Dasar Negeri 2 Bangko yang rusak karena kelelawar hanya sebatas wacana. Pasalnya hingga saat ini beberapa ruang kelas yang rusak akibat kelelawar masih saja kondisinya memprihatinkan.

Kepala SDN 2 Bangko, Ibnu Hajar, mengatakan sudah sejak lama pihak sekolah menunggu janji rehap terhadap ruang kelas yang rusak akibat kelelawar tersebut, namun hingga saat ini tak kunjung terealisasi.

“Kalau kami sudah melakukan berbagai upaya untuk mengusir kelelawar itu, tapi tidak mampu. Yang jelas sekolah sangat mengharapkan, adanya perbaikan terutama ruang kelas yang sudah tidak bisa digunakan akibat kotoran kelelawar,” katanya.

Tidak bisa difungsinya beberapa ruang kelas akibat kotoran kelelawar dikatakan Ibnu Hajar, sudah terjadi sejak bertahun-tahun. Selain bau kotoran kelelawar yang menyengat, suara bising dari hewan yang beraktivitas dimalam hari itu juga menganggu kenyamanan belajar.

“Sudah berulang kali kami sampaikan ke dinas Pendidikan Merangin, karena sekolah mencemaskan kesehatan siswa, terutama terhadap pengakit asma dan gatal-gatal akibat kotoran kelelawar,” ucapnya.

Ibnu Hajar menambahkan setidaknya ada tujuh ruangan tempat bersarang kelelawar tersebut, namun yang terparah ada satu ruang kelas. Bahkan ruang kelas tersebut tidak bisa digunakan untuk belajar karena plaponnya  sudah ambruk.

“Seharusnya ruang kelas lain juga tidak bisa di pakai, namun karena terpaksa pihak sekolah tetap menggunakan ruang kelas tersebut, karena tidak ada lagi ruang kelas yang lain,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Merangin, Mashuri, dikonfirmasi melalui Kabid Program, Hajrul, mengatakan ditahun 2016 sempat direncankan  rehap, namun karena banyak permasalahan di pending sementara.

“Direncankan ditahun 2017 mendatang, kita anggarkan lagi, kalau disahkan atau tidaknya anggaran itu tergantung proses nantinya, yang jelas kita sudah memasukan ke dalam Renja,” pungkasnya.(TM03)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *