28/10/2021

Full Day School Belum Efektif Diterapkan

1 min read

Bangko – Aturan Pemerintah Pusat untuk menerapkan System Full Day School (Sehari Penuh di Sekolah) terasa berat untuk di terapkan di sekolah yang ada, terutama untuk tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang berada di daerah terpencil dan pedalaman.

“Kalau melihat kondisi kultur lokasi dan kondisi sekolah terutama di daerah terpencil masih banyak sarana yang belum memadai, jadi akan sulit diterapkan,” ungkap Zubir.

Zubir menilai masih banyak gedung sekolah di daerah perdalaman, yang membutuhkan perbaikan dan penambahan ruang kelas. Selain itu, sumber daya guru juga perlu ditingkatkan.

“Kalau pun mau diterapkan pemerintah akan berpikir akan tugas tambahan guru, kemudian juga terkait Sertifikasi guru juga harus dipertimbangkan, tentu akan ada syarat-syarat khusus untuk guru di sekolah yang menerapkan sekolah sehari penuh,” sebutnya.

Zubir menegaskan, wacana sekolah sehari penuh perlu memerhatikan sarana yang dapat diberikan sekolah kepada siswa.

“Tidak mungkin diterapkan kalau sarananya saja masih kurang. Karena itu, akan mengusulkan kepada Kemdikbud apa saja yang dibutuhkan dan masih menjadi kekurangan sekolah,” ucapanya.

Dilanjutkan Zubir, jika memang diterapkan, Dinas Pendidikan Merangin,  akan berdiskusi lebih lanjut dengan pihak sekolah yang ada di Merangin.

“Kalau saai ini di Merangin, belum ada sekolah yang menerapkan sistem sekolah sehari penuh, dimana kami dari Disdik masih menunggu petunjuk teknis dari Kemdikbud. Kalau jadi diterapkan, langkahnya masih panjang setidaknya kami akan berdiskusi dengan kepala sekolah, PGRI, dan perwakilan sekolah yang ada di Merangin, terutama tingkat SD dan SMP,” pungkasnya.(TM03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *