28/10/2021

Belajar TIK, Guru Gunakan Jam Istirahat

1 min read

BANGKO- Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di era globalisasi saat ini sudah menjadi kebutuhan yang mendasar dalam menunjang pendidikan. Oleh sebab itu tenaga pengajar dituntut untuk mengikuti perkembangan TIK dalam meningkatkan efektifitas, kualitas, produktivitas, serta akses pendidikan.

Namun tak bisa dipungkiri masih banyak tenaga pendidik yang belum melek informasi. Terkait itu para guru di sekolah dasar negeri (SDN) 282 Bangko menggunakan jam istrirahat untuk memahami TIK.

Kepala SDN 282 Bangko, Sri Ratna Dewi mengungkapkan jam istirahat sengaja dipilih para guru untuk memahami TIK, agar tidak menganggu proses belajar mengajar.

“Saat ini setiap guru yang tidak ada jadwal mengajar, mereka diharuskan mengikuti pembelajaran TIK. Jam istirahat juga digunakan guru untuk belajar memahami TIK,” ungkapnya.

Hal itu lanjutnya, sangat membantu para guru yang selama ini tidak begitu memahami TIK, terutama terhadap guru yang sudah atau akan sertifikasi.

“Kalau guru-guru disini sudah paham TIK, tidak hanya berguna untuk sekolah, tapi juga berguna bagi guru sendiri, terutama dalam pengembangan tugas,” ucapnya.

“Program ini nantinya akan sangat membantu mereka, seperti untuk belajar mengajar, karena pada zaman sekarang semua guru dituntut paham teknologi, tidak ada istilah guru gabtek teknologi,” tambahnya.

Instruktur atau pembimbingnya, dikatakan Sri Ratna Dewi, adalah para guru dan kepala labor komputer yang sudah paham TIK.

“Instrukturnya juga kami beri honor, hasil dari iuran peserta yang sifatnya suka rela. Guru yang ikut ini kami beri penghargaan. Intinya selain mereka dapat ilmu, mereka juga diberi penghargaan,” tutupnya.(TM03)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *