25/10/2021

Waspada..!! Empat Sungai Ini Rawan Banjir Bandang

1 min read

BANGKO-Kabupaten Merangin merupakan daerah yang dikategorikan rawan terjadi bencana alam. Apa lagi memasuki musim hujan seperti saat ini, banjir dan longsor berpotensi terjadi setiap saat. Apa lagi di Merangin banyak terdapat sungai-sungai besar dan dataran tinggi.

Terkait banjir, empat sungai ini sangat perlu diwaspadai yakni sungai batang Merangin, batang Tembesi, batang Tabir dan sungai Pinang, sebab sungai-sungai tersebut rawan terjadi banjir bandang. Terkait hal itu Bupati Merangin Al Haris meminta warga yang tinggal di sepanjang aliran sungai tersebut agar selalu waspada.

“Sekarang musim huhan, sungai yang paling kita khawatirkan terjadi banjir bandang adalah batang Merangin, batang Tembesi, batang Tabir dan sungai Pinang di Sungai Manau,” ujar Al Haris.

Ia melanjutkan sungai Pinang di Kecamatan Sungai Manau sebenarnya sungai kecil, tapi karena bekas lokasi pertambangan emas tanpa izin (PETI) membuat sungainyya tidak berbentuk lagi.

“Untuk itu warga yang tinggal didekat empat sungai itu harus waspada, kalau bisa mengungsi kalau hujan lebat” tambahnya.

Selain itu, Al Haris juga mengungkapkan tiga daerah di Merangin juga rawan longsor, yakni jalan Bangko-Jangkat, Bangko-Kerinci dan jalan menuju Tabir Barat.

“Kita sudah perintahkan BPBD untuk membentuk tim tanggap darurat dan membuat posko di setiap kecamatan, agar bisa bergerak cepat jika terjadi bencana” kata Al Haris.(TM07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *