25/10/2021

Wajah Baru Dukcapil, Pelayanan Cepat dan Satu Titik

1 min read

BANGKO- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Merangin terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Pembenahan dilakukan Dukcapil sejak awal 2020 lalu atau tahun baru dengan wajah baru. Jailani Kepala Dinas Dukcapil Merangin mengatakan pada pihaknya telah membuat kebijakan pelayanan terintegrasi atau terpusat di satu titik.

“Ruangan sudah kita rombak, jadi tidak ada yang terpisah lagi, semua pelayanan ada di satu titik,” kata Jailani.

Jailani menjelaskan jika masyarakat yang akan mengurus data kependudukan, masyarakat bisa langsung menemui petugas di depan, kemudian petugas langsung mengarahkan kebagian pelayanan.

“Kita juga sediakan semua formulir di atas meja. Jadi seperti di bank, mau formulir apa aja ada di sana,” sebutnya.

Selain sistem terintegrasi, pihaknya juga mengupayakan pelayanan satu hari, dimana urusan pagi diselesaikan hingga tengah hari. Jadi jika bahan sudah selesai, masyarakat bisa langsung ambil. Jika tidak selesai setengah hari, maka usai istirahat siang, berkas masyarakat itu langsung bisa diambil.

“Berkas yang masuk sebelum istirahat siang, harus sudah selesai sebelum masuk usai istirahat. Jadi setelah istirahat, urusan lain lagi,” ucapnya.

Pelayanan hitungan selesai hitungan jam terus diupayakan, bahkan satu jam bisa dilakukan dinas Dukcapil.

“Jika dalam kondisi semua siap, satu jam pelayanan bisa selesai. Kita tampil untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” tuntasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *