28/11/2021

Waduh..!!! Setiap Bulan Ada 28 Janda Baru di Merangin

1 min read

BANGKO-Angka perceraian di Kabupaten Merangin cukup tinggi. Bahkan jika diratakan setiap bulan ada 28 janda baru di Merangin.

Berdasarkan catatan Pengadilan Agama Merangin, hingga bulan September 2016 ini sudah 270 gugatan perceraian masuk ke pihaknya dan 205 perkara diantaranya sudah putus.

“Lumayan banyak untuk tahun ini, hingga September saja ada 270 perkara yang kita terima, dan yang sudah putus ada 205,” ungkap Zaki, Panitera Muda Pengadilan Agama Bangko.

Dari 270 kasus yang masuk ke pengadilan agama, menurut Zaki, sekitar 70 persen diajukan oleh perempuan. Sementara faktor penyebabnya yang paling dominan adalah tidak harmonisnya hubungan rumah tangga.

“Selain itu juga kerana faktor ekonomi dan juga faktor orang ke tiga. Kebanyakan memang di ajukan oleh pihak perempuan, sekitar 70 persen,” katanya.

Sementara kasus perceraian Pegawai Negeri Sipil atau PNS, mengalami peningktan dibandingkan dengan tahun lalu. Jika pada September  tahun 2015  ada 12 kasus, sementara hingga Semtember ini sudah 17 kasus.

“Mayoritas merupakan pegawai di Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. Sudah 17 perkara yang kita terima terkait PNS ini,” pungkasnya.(TM07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *