17/08/2022

Tuntut Kades Mundur, Ratusan Warga Sumber Agung Margo Datangi Kantor Desa

2 min read

BANGKO- Ratusan warga Sumber Agung, Kecamatan Margo Tabir datangi kantor desa dan tuntut Kadesnya mundur, Rabu (27/5). Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan pengelolaan Dana Desa (DD) menjadi pemicunya.

Menurut warga, BLT yang dibagikan Pemdes tidak tepat sasaran banyak warga yang seharusnya dapat bantuan justru tidak terdata atau tidak dapat bantuan.

“Kades tidak trasparan dalam penyaluran BLT dan ada yang tidak tepat sasaran dan tanpa dimusyawarahkan,” kata warga.

Selain itu warga juga mempertanyakan transparansi penggunaan APBDes Sumber Agung yang dinilai warga jumlah anggarannya cukup banyak, tapi tidak ada perkembangan untuk pembangunan desa.

“Pengelolaan dana desa juga tidak transaran. Kami minta Kades mundur, karena kami anggap gagal menjalankan amanah masyarakat desa Sumber Agung,” sebutnya.

“BPD juga kami minta mundur karena gagal mengawal kebijakan Kades. Dan ini protes gelombang kedua yang kami lakukan, seminggu sebelum lebaran kami perwakilan juga minta penjelasan dari Kades tapi tidak ada jawaban,” tambah warga lagi.

Jika Kades tidak mundur, ditegaskan warga aktivitas Pemdes di kantor Desa Sumber Agung akan lumpuh total dan warga akan menyegel kantor desa.

“Kami mau kades mundur, kalau tidak kami akan segel kantor desa,” tegas warga.

Sementara itu Kades Sumber Agung, Priyanto beberapa kali memberikan penjelasan ke warga. Namun tidak digubris warga yang menuntut dirinya mengundurkan diri.

Pantauan di lokasi tanpak anggota Polres Merangin sudah berada di lokasi, bahkan Kapolres Merangin AKBP Mukhamad Lutfi juga tanpak berada di lokasi.

Selain Kapolres dan anggota, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Merangin juga ada dilokasi.

Hingga berita ini diturunkan protes ratusan warga masih terus berlangsung. Warga tanpak memadati sekeliling kantor desa.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.