28/11/2021

Sudah Bulan September, Serapan Anggaran Baru 60 Persen

1 min read

BANGKO-Serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Merangin hingga ujung tri wulan ke tiga ini, masih sangat rendah. Seharusnya sudah diatas 80 persen, namun nyatanya baru terserap 60,66 persen.

Darhimah, Kabid Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Merangin mengatakan serapan 60,66 persen itu semestinya kondisi Juni lalu.

“Realisasi 60 persen itu seharusnya di bulan Juni lalu. Dan seharusnya di bulan September ini sudah 80 persen. Tapi nyatanya justru kini baru terealisasi 60,66 persen,” ungkap Darhimah.

Dari anggaran Rp 1,337 Triliun lebih APBD Merangin dan baru terserap Rp 835 Miliar lebih. Ia menyebutkan, penundaan transfer Dana Alokasi Umum (DAU) salah satu dampak dari rendahnya serapan anggaran.

“Iya itu dampak dari rendahnya serapan anggaran (Penundaan transfer DAU),” singkatnya.

Darhimah mengatakan ada kebiasaan terhadap belanja langsung selama ini, dimana sering kali pencairan pekerjaan fisik dilakukan mendekati akhir tahun atau pencairan sekaligus setelah pekerjaan selesai.

“Kita tidak mengatakan siapa yang salah. Namun ada kebiasan kita selama ini. Sering kali pencairan itu dilakukan setelah pekerjaan selesai. Tanpa pencairan awal sebesar 30 persen, kalau banyak paket proyek seperti itu tentu sangat mempengaruhi serapan anggaran,” katanya.(TM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *