12/08/2022

SKK Migas Sangat Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jambi

2 min read

PALEMBANG – Gubernur Jambi, Al Haris mengadiri Pra Forum Kapasitas Nasional Wilayah Sumbagsel SKK Migas tahun 2022, dilaksanakan disalah satu Navotel di Kota Palembang Sumatra Selatan, Rabu (06/07).

Al Haris mengatakan SKK migas ini sangat mendorong upaya peningkatan ekonomi, khususnya di Provinsi Jambi dengan cara melakukan pemberdayaan.

Selain itu, SKK Migas juga memiliki visi sangat baik, terutama dalam membantu Pemerintah untuk mengangkat dan meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan melakukan pembinaan.

” Ini sejalan dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo terkait dengan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) yang lebih memprioritaskan pada produk produk unggulan lokal.

“Kita turut mendorong pemberdayaan masyarakat dengan memberikan edukasi guna mengembangkan UMKM yang ada di Provinsi Jambi, antara lain di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi. Pemberdayaan masyarakat pada sektor UMKM kita lakukan dengan memberikan pelatihan kepada UMKM, antara lain, pelatihan batik dan pelatihan peningkatan anyaman,” ujar Al Haris.

Sepertinya hal nya, SKK Migas di Provinsi Jambi melalui Petrochina, tambah Al Haris, sejauh ini telah melakukan pemberdayaan masyarakat dengan mengembangkan UMKM, mengadakaan pembinaan pada bidang usaha kopi, batik dan makanan ringan, juga melakukan pelatihan ecoprint dan pewarnaan alami melalui program (Corporate Social Responsibility) CSR.

” Pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk mengangkat produk lokal menjadi produk global dalam mendukung P3DN, dengan adanya kolaborasi yang baik antara SKK Migas dan Pemerintah Provinsi Jambi, tentunya ini dapat mewujudkan upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Provinsi Jambi,” tambah mantan Bupati Merangin dua priode ini.

Al Haris juga menyampaikan Provinsi Jambi melaksanakan kerjasama Participating Interest (PI 10%) dengan SKK Migas, atas dasar hukum Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral nomor 37 Tahun 2016 tentang ketentuan penawaran Participating Interest (PI 10%) pada wilayah kerja minyak dan gas bumi.

Provinsi Jambi memiliki potensi kekayaan energi yang cukup besar, salah satunya adalah potensi sumber energi fosil seperti minyak bumi, gas bumi dan batubara, selain itu juga memiliki potensi energi baru terbarukan seperti tenaga surya, bioenergi dan panas bumi dan itu bisa menjadi sumber untuk pemenuhan kebutuhan energi di Provinsi Jambi,” tukasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.