28/10/2021

Rumusdar: Harga Cabai Akan Terus Naik

1 min read

 

BANGKO-Harga cabai di Kabupaten Merangin meroket sejak dua minggu terakhir. Pantauan Terasmerangin.com di Pasar Baru Bangko cabai merah dijual hingga Rp 80 per kg.

Rumusdar, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Merangin dikonfirmasi Terasmerangin.com mengatakan produksi cabai ditingkat petani saat ini menurun drastik. Hal itulah yang menyebabkan harga cabai naik sejak beberapa waktu belakangan ini.

“Produksi dari petani menurun. Pasokan dari luar daerah juga tidak banyak, sehingga penyebabkan harga di pasar naik,” ungkap Rumusdar.

Cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini dikatakan Rumusdar, menjadi penyebab utama turunnya produksi. Petani tidak mau mengambil resiko menanam cabai karena rentan diserang penyakit.

“Petani takut merugi, karena kalau musim hujan cabe mudah busuk. Menang penyakit cabe sangat banyak saat musim hujan,” katanya.

Ia mengungkapkan harga cabe akan terus naik hingga beberapa bulan ke depan. Dan puncaknya akan terjadi pada bulan Februari mendatang.

“Bulan Desember, Januari dan Februari nanti petani juga tidak banyak yang panen. Tentu saja nanti menyebabkan harga akan naik, dan puncaknya Februari,” tuntasnya.(TM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *