12/08/2022

Rakerda APKI, Al Haris: Perkuatkan Kinerja

2 min read

JAMBI – Asosiasi Pengawas Ketenagakerjaan Indonesia (APKI) Provinsi Jambi diharap lebih memperkuat pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan ketenagakerjaan guna memberikan bagi masyarakat.

Hal tersebut ditegaskan Gubernur Jambi Al Haris saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) APKI Provinsi Jambi Tahun di Golden Harvest Hotel Jambi, Selasa (28/06/2022).

“Melalui rakerda ini saya berharap lahir solusi dan gagasan kreatif serta inovatif untuk meningkatkan program-program APKI Provinsi Jambi yang selaras dengan tujuan organisasi dan juga kebutuhan dan kepentingan para anggotanya,” tegas Al Haris.

APKI sebagai organisasi yang menaungi para pengawas ketenagakerjaan, harus mampu menjadi organisasi profesi yang kuat, mandiri, dan profesional, serta menjadi wadah komunikasi dan pengembangan sumber daya manusia pengawas ketenagakerjaan dalam rangka mewujudkan pengawas ketenagakerjaan yang cerdas, handal, kompeten, dan berintegritas untuk mewujudkan kondisi ketenagakerjaan yang positif.

“Kepada seluruh pengawas ketenagakerjaan untuk bekerja optimal dan profesional, karena saudara-saudara semua memiliki peranan vital untuk menciptakan keadilan sosial dan hubungan kerja harmonis dalam rangka menciptakan dan menjaga ketenangan bekerja di Provinsi Jambi khususnya dan Indonesia pada umumnya,”tambah Al Haris.

Selain itu, tambah Al Haris, APKI juga mempunyai tugas menyusun serta melaksanakan kode etik dan kode perilaku profesi, memberikan advokasi, serta memeriksa dan memberikan rekomendasi atas pelanggaran kode etik dan kode perilaku profesi pengawas ketenagakerjaan.

“Dalam rangka pelaksanaan tugas pengawasan ketenagakerjaannya serta meningkatkan kualitas kerja pengawasannya, APKI perlu meningkatkan pemahaman, integritas, dan kapasitas peran pengawas ketenakerjaan. APKI harus bersinergi dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan dan pihak terkait untuk melaksanakan upgrading kapasitas pengawas dalam menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan dan penegakan hukum bidang ketenagakerjaan,” terangnya.

Al Haris menyampaikan, pengawas ketenagakerjaan dapat membantu dan mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan pemberian layanan terbaik bidang ketenagakerjaan kepada masyarakat.

“Saya juga berpesan kepada APKI untuk memelihara sikap profesional dan independen serta dapat terus meningkatkan kemampuan teknis agar mampu melayani kebutuhan masyarakat akan perlindungan hak asasi dan jaminan sosial para pekerja,”pungkasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.