12/08/2022

Pringati Lansia, Gubernur Al Haris Pinta Pemangku Ikut Peduli

2 min read

JAMBI – Gubernur Jambi, Al Haris mengajak seluruh pemangku kepentingan lebih peduli terhadap umur lanjut usia (lansia) dengan terus berupaya meningkatkan kesejahteraannya.

Itu disampaiakan Al Haris saat Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 26 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2022, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (15/07/2022).

“Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakatnya, semua golongan, semua kalangan, termasuk untuk golongan umur Lansia. Pemerintah, yakni Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota bekerja sama dan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, berupaya memberikan perhatian lebih kepada lansia, salah satu wujud perhatian khusus pemerintah Lansia adalah dengan mengadakan HLUN ini yang diperingati setiap tanggal 29 Mei setiap tahunnya,” kata Al Haris.

Keberadaan lansia ini, lanjut Al Haris, menandakan semakin tinggi angka harapan hidup di daerah dan negara Indonesia, serta melalui pembangunan pada semua sektor. Keberadaan para orangtua golongan lansia adalah salah satu anugerah besar, umur yang panjang/lanjut usia yang diberikan Allah kepada mereka merupakan berkat luar biasa yang harus di syukuri.

“Melalui Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, secara legal formal, negara memberikan perhatian kepada lansia, yakni mengatur hak dan kewajiban Lansia, tugas dan tanggung jawab pemerintah terhadap lansia, dan pemberdayaan lansia. Begitu juga dengan Pemerintah Provinsi Jambi, berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi lansia, diantaranya dengan regulasi turunan, yakni Peraturan Daerah (Perda) Nomor 16 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia,” tambah Al Haris.

Pada Visi Jambi MANTAP, kata Al Haris, akan memberikan perhatian besar kepada Lansia, melalui Program Dumisake yakni dalam Pilar Jambi Responsif, yaitu Bantuan bagi kaum perempuan, fakir miskin, anak terlantar, lansia, penyandang disabilitas, dan kelompok rentan lainnya.

“Untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi lansia, kedepan PSTW Budi Luhur Jambi akan dikembangkan dan akan dibangun Graha Lansia sebagai pusat aktivitas bagi lansia. Dari 3,5 Juta jiwa penduduk Provinsi Jambi, lansia sebanyak 232.994 jiwa atau 6,7 persen dari jumlah penduduk Provinsi Jambi yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi,”tukasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.