25/06/2022

Pringati Hari Lingkungan Hidup se – Dunia, Al Haris Ajak Masyarakat Jaga Sungai Batang Hari

1 min read

JAMBI – Dalam rangka mempringati hari lingkungan hidup sedunia, Gubernur Jambi, Al Haris mengajak masyarakat Provinsi Jambi menjaga kebersihan Sungai Batanghari.

Itu disampaikannya di Desa Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (02/06/).

“Pada hari ini kita mempunyai tugas yang berat yaitu bagaimana kita menjaga dan membersihkan Sungai Batanghari yang saat ini hampir melewati ambang batas tercemar. Bagi masyarakat yang berada dibantaran Sungai Batanghari dimulai dari Dharmasraya hingga Tanjung Jabung Timur, harus berkomitmen dengan pemetintah untuk menjaga Sungai Batanghari yang kita banggakan ini,” ujar Al Haris.

Sungai ini, sebut Al Haris, merupakan sungai terpanjang di Sumatera, yang ber hulu di daerah Solok Selatan. Dan ini juga menjadi bagian penting bagi masyarakat Sumatera Barat dan Jambi. Airnya mengalir menuju timur dan bermuara di Selat Berhala wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, hingga terbentuk Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Semangat yang dapat kita ambil dalam tema ini adalah mengajak seluruh penduduk bumi untuk meningkatkan kesadaran dan melakukan tindakan dalam mendukung serta mendorong perubahan untuk pelestarian lingkungan. Salah satu kegiatan nyata yang kita canangkan dalam kegiatan ini adalah dengan selamatkan dan rawat DAS Batanghari, serta Pencanangan Kampung Mantap Lingkungan Hidup dengan menanam 200 pohon di bantaran Sungai,” lanjut Al Haris.

Sedangkan, Direktur Pengurangan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Shinta Saptarina Soemarno, M.Sc ini merupakan momentum refleksi seluruh dunia.

” Ini bentuk aksi kolektif bersama-sama untuk mencapai tujuan keadilan lingkungan hidup yang sehat dan berkelanjutan,” tandasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.