28/10/2021

Petugas DLLAJ Dishub Diduga Lakukan Pungli?

1 min read

 

BANGKO – Oknum petugas dari Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ), Dinas Perhubungan Kabupaten Merangin diduga melakukaan pungutan liar (Pungli) terhadap mobil angkutan barang.

Pantauan langsung Terasmerangin.com di titik pembayaran retribusi angkutan barang di Dusun Mudo, Sabtu (22/10) siang sekira pukul 10.00 hingga 11.15 WIB. Tanpak jelas oknum petugas yang jaga waktu itu, melakukan permainan terhadap sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) tersebut.

Mereka menarik retribusi terhadap setiap mobil angkutan yang melintas, tapi sesekali petugas jaga tanpak tidak memberikan karcis sebagai bukti telah dibayarnya retribusi oleh sopir angkutan.

Bahkan tidak hanya satu dua mobil, tapi banyak mobil bermuatan barang melintas waktu itu, tanpa diberikan karcis oleh petugas yang menarik retribusi.

Tidak berhenti disitu, Terasmerangin.com juga langsung melakukan penelusuran terhadap sopir angkutan barang. Pengakuan mengejutkan dikatakan salah seorang sopir angkutan barang, bahwa Ia jarang diberikan karcis tanda telah membayar retribusi.

“Iya, saya barusan bayar Rp 2000. Tidak dikasih karcis, sudah sering seperti itu,” ungkap sopir angkutan yang waktu itu membawa buah sawit.

Tidak hanya sopir pembawa buah sawit itu, sopir angkutan barang lainnya juga mengaku sering melintas dan menyetorkan uang retribusi, tapi tak diberikan karcis oleh petugas.

“Iya, saya lewat langsung saja siapkan uang Rp 2000. Kadang ada dikasih (Karcis), kadang tidak. Memang saya tidak penting karcisnya, yang penting saya lewat,” ujarnya dan minta namanya tidak dituliskan.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Syafri, belum bisa dikonfirmasi terkait hal itu. Dicoba menghubungi melalui via ponsel nomornya tidak bernada aktif, begitu juga melalui pesan singkat tapi tidak dibalas.(TM07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *