26/05/2022

Pandemi Corona, Pemkab Merangin Selenggarakan Musrembang Melalui VidCon

2 min read

BANGKO- Untuk pertama kali Pemerintah Kabupaten Merangin selenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) melalui Video Conference (VidCon).

Musrembang RKPD Kabupaten Merangin 2021 ini dibuka Bupati Merangin, Al Haris di aula kantor Bappeda.

Pada kesempatan tersebut juga hadir Wakil Bupati Merangin, Mashuri, Plt Sekda, Kepala BPKAD, Kepala Bappeda dan diikuti para kepala OPD dan Camat via VidCon.

Agus Zainudin, Kepala Bappeda Kabupaten Merangin dalam laporannya mengatakan Musrembang RKPD Kabupaten Merangin 2021 dilaksanakan secara online.

“Karena pandemi Corona, ini pertama kali Musrembang kita selenggarakan melalui video conference. Ada pun tema Musrembang adalah Peningkatan insfrastruktur dan kualitas sumber daya manusia dalam mendukung pertanian dan pariwisata,” ungkapnya.

Bupati Merangin, Al Haris dalam arahannya menekankan program kerja Pemkab Merangin 2021 disamping fokus kegiatan rutinitas, juga banyak program kerja mengarah pada pemulihan ekonomi masyarakat.

“Saya ingatkan dilaksanakan secara online untuk menjaga jarak mencegah pandemi Corona, wabah ini mendadak menyerang kita dan waktunya panjang sehingga menjadi sesuatu membuat orang stres, panik luar biasa dan pemerintah juga berupaya mencegah, mutus mata rantai, belum lagi juga membawa dampak sosial ekonomi masyarakat,” ujar Bupati.

Al Haris melanjutkan APBD Merangin 2020 juga dirombak atau dilakukan rasionalisasi untuk pencegahan dan penanganan kesehatan, menolong masyarakat terdampak ekonomi karena corona dan mendorong UMKM agar tetap bertahan.

“2021 kita juga akan mereview, melihat kembali kondisi ekonomi sosial masyarakat dan memberikan kepercayaan ke masyarakat karena dampak Corona, karena itu juga kita bangak program untuk pemulihan ekonomi masyarakat,” sebut Al Haris.

Pada Musrembang RKPD Kabupaten Merangin 2021, Al Haris menekankan tiga fokus progran kerja 2021, pertama pengingkatan kualitas sumber daya manusia.

“Selanjutnya pengembangan pertanian dan pariwisata yang merupakan sektor memberikan struktur besar pertumbuhan ekonomi Merangin dan ketiga pembangunan infrastruktur pelayanan dasar,” sebutnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.