26/05/2022

Musyawarah Wilayah III Dewan Masjid, Wagub Abdullah Sani: Pembangunan Mental Umat Sangat Penting

2 min read

JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi menganggap pembangunan mental umat yang beriman, berilmu, dan berakhlak penting sekali salah satu upaya mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Hal tersebut, dikatakan Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani di acara pembukaan Musyawarah Wilayah III Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesa (PW DMI) Provinsi Jambi, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (27/1).

“Keseriusan Pemerintah Provinsi Jambi dalam upaya membangun mental umat telah tertuang dalam program Dua Miliar Satu Kecamatan (Dumisake) dan termasuk kedalam 5 pilar yaitu Pilar Jambi Agamis”, ujar Abdullah Sani.

Selanjutnya, sambung Sani, PW DMI Provinsi Jambi turut berperan serius mewujudkan pembangunan mental umat yang beriman, berilmu dan berakhlak di Provinsi Jambi, karena perubahan zaman yang sangat cepat, tantangan yang dihadapi pun semakin berat. Masalah peradaban umat semakin kompleks, seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, dan paham-paham yang sangat jauh dari nilai-nilai Islam.

“PW DMI Provinsi Jambi hendaknya bisa update dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu berkontribusi mengatasi masalah-masalah peradaban umat saat ini. Keberadaan masjid sangat vital bagi umat, hendaknya masjid bisa menjadi tempat yang bersahabat untuk semua kalangan, baik tua maupun muda, serta dilengkapi fasilitas, seperti perpustakaan, pendidikan Al-Quran dan koperasi, yang dapat menunjang keberadaan masjid sebagai pusat peradaban umat,” tutur Sani.

Lebih lanjut, Sani memberikan apresiasi terhadap keberadaan DMI Provinsi Jambi yang turut memberikan kontribusi dalam pembangunan, baik pembangunan nasional maupun pembangunan daerah dan terus berupaya meningkatkan kinerja organisasi serta kualitas seluruh kader.

“Pemerintah Provinsi Jambi siap menerima masukan dan saran konstruktif dari berbagai pihak dan instansi/organisasi, termasuk dari Dewan Masjid Indonesia dalam proses pembangunan untuk lebih mendorong kemajuan dan meningkatkan daya saing daerah Provinsi Jambi,” tambah Sani.

Sani mengharapkan, dari PW DMI Provinsi Jambi untuk membantu Pemerintah Provinsi Jambi melakukan terobosan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia Provinsi Jambi, dan menjadi pengayom, penuntun, dan pengarah seluruh masjid yang ada di Provinsi Jambi sehingga memberikan kebaikan dan kedamaian serta membantu dalam menangani permasalahan yang terkait kegiatan ibadah dan persoalan umat.

“Saya minta dengan adanya Musyawarah Wilayah III Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jambi akan menghasilkan program-program kerja yang bisa menjadikan masjid-masjid yang ada di Provinsi Jambi sebagai pusat kegiatan keagamaan, pendidikan, sosial, dan perekonomian demi kemaslahatan daerah yang kita cintai ini, tutup Sani.

Sedangkan, Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI), DR.H.Imam Addaruqutni,M.A., mengucapkan terima kasih kepada PW DMI Provinsi Jambi atas perjuangan dalam menghidupkan DMI di Provinsi Jambi guna memakmurkan masjid dan pada hilirnya masjid bisa memakmurkan masyarakat bersama pimpinan pemerintahan daerah.

“Mudahan mudahan Musyawarah Wilayah ini menghasilkan program kerja yang lebih relevan dalam memakmurkan Masjid, sehingga bisa menjadi success story bagi masyarakat Provinsi Jambi,” tandasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.