21/10/2021

Muara Kibul Ditetapkan KLB Rabies

1 min read

BANGKO-Desa Muara Kibul, Kecamatan Tabir Barat dinyatakan kawasan Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit Rabies. Hal ini dinyatakan Bupati Merangin, Al Haris, usai melakukan pemantauan langsung ke Desa Muara Kebul, bersama Kepala Dinas Kesehatan Solahudin dan Kepala Dinas Peternakan, Markoni, Jumat (14/10).

“Jadi di desa ini (Muara Kibul) tidak hanya warga yang digigit anjing rabies, tapi juga ternak-ternak. Sudah lebih dari 50 ekor ternak warga digigit anjing rabies dan jumlah anjing  yang berkeliaran jumlahnya lebih 50 ekor,” ujar Bupati.

Ternyata selain Silvy (5) yang meninggal dunia setelah digigit anjing gila, Senin (10/10) lalu, ada juga korban lainnya yakni Eza (6) dan Aldi (11). Atas kejadian itu, Bupati mengintruksikan Dinas Kesehatan untuk segera memberikan vaksin anti rabies ke korban gigitan anjing gila.

“Dinas Kesehatan harus cepat melakukan penanganan terhadap korban, agar tidak membahayakan. Puskesmas terdekat dan posyandu harus ikut membantu,” tuturnya.

Ke Dinas Peternakan, Bupati meminta untuk segera memberikan vaksin ke anjing-anjing peliharaan warga. Sementara  terkait anjing-anjir liar, Bupati sepekat dengan usulan warga setempat melakukan pemusnahan. Ia menargetkan Desa Muara Kibul harus bebas rabies dalam waktu dekat.

Bupati juga minta seluruh warga Desa Muara Kibul diberi vaksin rabies, guna mencegahan dini terhadap serangan penyakit yang mematikan tersebut. “Nanti warga juga harus diberi vaksin,” tuntasnya.(TM01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *