25/10/2021

Mau Jadi Polisi, Ini Persiapan Sederhana Menurut Kapolres Merangin

2 min read

BANGKO-Bagi tamatan sekolah menengah, atau orang tua yang ingin anaknya jadi Polisi. Bisa melakukan persiapan sederhana ini, jelang dibukanya pendaftaran yang biasanya dibuka  sekitar bulan Maret tiap tahunnya.

Kapolres Merangin, AKBP Munggaran Kartayuga, mengatakan jika ingin menjadi anggota Polisi tidak cukup dengan kemauan saja, tapi harus melakukan persiapan agar niat tersebut bisa tercapai.

“Yang terpenting adalah siapkan diri sendiri. Percayalah persiapan itu tidak dari orang lain, tapi dari diri sendiri,” ujar Munggaran didepan ratusan siswa dari berbagai sekolah menengah di Kabupaten Merangin saat  sosialisasi penerimaan anggota Polri tahun anggaran 2017, di aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum, Kamis (13/10).

Ia mengatakan persiapan fisik dan mental sejak dini sangatlah penting jika punya kemauan untuk menjadi Polisi. Hal itu bisa dilakukan dengan olahraga sederhana, seperti lari, berenang, pull up, serta persiapan akademis.

“Kesehatan fisik itu penting, nanti tesnya ada lari, berenang, pull up dan sebagainya. Itukan bisa dilatih jauh-jauh hari. Bahkan saya dulu udah melakukan itu sejak keluas dua,” katanya.

“Selain itu juga cek kesehatan, nanti apa-apa saja yang masih kurang kan bisa diusahakan. Karena saya sering kali melihat calon yang daftar itu persiapannya sangat kurang,” tambahnya.

Selain kesiapan fisik dan mental, Kapolres juga mengatakan juga perlu persiapan akademis. Karena persaingan untuk menjadi anggota Polri itu makin sulit, tidak hanya teman-teman satu kabupaten, tapi juga dari Kabupaten lainnya.

“Jadi mulailah lakukan persiapan, melawan diri sendiri, orang lain dan juga dari calon Kabupaten lainnya nanti. Sementara untuk persiapan lainnya itu bisa dicek dengan mengikuti informasi terkait penerimaan anggota Polri,” terangnya.

Sementara itu AKBP Zainal Arrahman, Kabag Dalpers Biro SDM Polda Jambi mengatakan tujuan diadakan sosialisasi tersebut untuk menyampaikan informasi mengenai seleksi dan rekruman anggota Polri.

“Pemberitahuan kepada masyarakat, kepada siswa sekolah, supaya mengetahui seleksi dan rekrutmen, apa saja item, sehingga bisa menyiapkan dirinya,” sebutnya.

Wakil Bupati Merangin, Khafied Moen, yang juga hadir dalam acara sosialisasi tersebut mengatakan perlu melakukan persiapan diri secara maksimal. Selain itu Ia berharap anak-anak Merangin semakin banyak yang menjadi anggota Polri.

“2015 kita diterima 17 orang, saya harap ditahun berikutnya bisa lebih dari itu lagi. Dan saya melihat antusias anak Merangin begitu banyak mengikuti kegiatan ini,” sebutnya.(TM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *