25/10/2021

Lebih Seratus Desa di Merangin Sudah Menarik Dana BLT

2 min read

BANGKO- Bantuan langsung tunai (BLT) sebagian besar sudah disalurkan desa-desa di Merangin. Per 14 April, sudah 150 dari 205 Desa sudah menarik dana BLT.

Bupati Merangin, Al Haris mengatakan 44 Desa di Merangin belum tersalur Dana Desa (DD) tahap I, sementara 161 desa lainnya sudah tersalur DD tahap I dan 150 Desa sudah menarik dana BLT.

Terkait 44 desa belum cair DD disebabkan ada yang masih dalam proses pencairan dan berkasnya lagi diverifikasi KPPN, ada yang dalam perbaikan APBDes, bahkan ada desa yang sama sekali belum menyampaikan APBDes.

“Masih ada 44 desa yang belum tapi semunya sudah diproses, ada yang di KPPN, kita terus meminta Kades agar serius dan cepat memproses penyaluran,” kata Al Haris, Kamis (14/5).

Masih adanya desa di Merangin belum cair DD, dikatakan Al Haris salah satunya disebabkan belum rampungnya APBDes.

“Kendala awalnya dari APBDes mereka masing-masing, sebetulnya karena banyak Kades belum merampung APBDes. Awalnya kita minta bahwa semua Kades di bulan Februari sudah clear semua APBDes, sehingga sudah mulai proses Maret dan April sudah mulai dicairkan, tapi yang namanya oknum di desa-desa macam-macam kadang BPD yang belum mau tanda tangan mungkin dalam rapat desa tidak diajak, ini kita minta ada kerjasama yang baik Kades dan BPD,” terangnya.

Al Haris juga menyebutkan sudah meminta asisten dan staf ahli bupati untuk mengawasi proses penyalutan BLT ke masyarakat.

“Kalau untuk serapannya (DD) saya minta APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) langsung, inspektorat kalau ada isu-isu didesa tentang dana desa untuk menelusuri, sudah banyak desa yang diperiksa tujuannya jangan dana desa diselewengkan atau digunakan oknum yang tidak bertanggungjawab,” sebutnya.

Sementara itu Kadis PMD Kabupaten Merangin, Andre Fransusman mengatakan dari 150 Desa yang sudah menarik dana BLT baru 88 desa sudah menyalurkan ke masyarakat.

“Sudah 88 desa menyalurkan kepada penerima BLT dengam jumlah KK 7.901,” kata Andre.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *