21/10/2021

Kini Ruas Jalan Meranti-Rasau Sudah Aman Dilintasi

2 min read

BANGKO- Ruas jalan Meranti Rasau kini aman dilintasi, ini setelah Pemkab Merangin melalui Dinas PUPR langsung melakukan perbaikan.

Ruas jalan sepanjang 1,5 KM tersebut diperbaiki dinas PUPR dan juga dilakukan swadaya masyarakat dari Pedot.

Ruas jalan ini sempat viral karena licin pasca diguyur hujan. Setelah mendapatkan instruksi langsung dari Bupati Merangin Al Haris, Kepala Dinas PUPR Merangin, Aspan langsung mengutus tim serta menurunkan alat berat ke lokasi.

Ternyata di lokasi, atas inisiasi Pedot secara swadaya mengirimkan 20 truk koral diruas jalan tersebut, sehingga alat berat PUPR yang tiba langsung bekerja.

Kadis PUPR Merangin Aspan langsung ikut turun, dia menuturkan panjang jalan Kabupaten Merangin 1.184 KM. Sementara alokasi anggaran pertahun khusus penanganan jalan Rp 90 Miliar. Jadi rata-rata pertahun hanya ada alokasi Rp 13,1 Juta perKM-nya.

“Berkaitan hal itu, dengan keterbatasan dana ini bagaimana menciptakan arus transfortasi tidak terhambat. Setiap tahun 20 KM kegiatan peningkatan jalan terus dilakukan dengan skala prioritas Per Dapil,” sebutnya.

Aspan melanjutkan tahun 2020 di Kecamatan Renah Pamenang prioritas penanganan dilakukan di ruas jalan Simpang A4 -Meranti dengan dana Rp 3 Miliar. Kemudian penanganan pada tahun 2019 dilakukan di ruas jalan Tambang Mas-Lantak Seribu dengan anggaran Rp 2 Miliar serta tahun 2018 penanganan jalan Simpang A4-Rasau dengan dana Rp 3 Miliar.

“Di wilayah Dapil III kita terus melakukan penanganan jalan dan bergulir setiap tahunnya, termasuk juga penanganan yang lain-lainnya,” ungkapnya.

Guna mengatasi gangguan transfortasi darat ini, PUPR Merangin sudah membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC). Tim ini bertugas mengcroscek dan mengakomodir laporan dari masyarakat terkait kondisi jalan yang rusak. Khusus kejadian ini, pemerintah tidak lamban. Sebab sebelum mengambil langkah dan tindakan, kondisi riil di lapangan harus diketahui terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar penanganan yang dilakukan tepat sasaran. Termasuk juga mobilisasi alat berat yang sesuai peruntukannya.

“Hal-hal seperti ini yang perlu dilaporkan. Kita setelah mendapatkan instruksi Bupati Merangin serta laporan dari anggota DPRD Merangin, kemarin juga tim langsung turun mendata kondisi riil,” kata Aspan.

“Saat ini alat sudah kita turunkan dan bekerja di lokasi serta melakukan perbaikan optimal termasuk penyiapan badan jalan serta perkerasan. Material dan alat kita turunkan. Terimakasih juga masyarakat sudah membantu koral sebagai antisipasi awal,” tambahnya lagi.

Aspan menyebutkan kejadian seperti ini juga terjadi di beberapa kecamatan lainnya, seperti di Jangkat dan Tabir Selatan.

“Tim ini tidak hanya menangani ruas jalan Kabupaten saja, tetapi juga menangani jalan Provinsi dan Nasional. Tindakan awal ini dilakukan bagaimana akses transfortasi masyarakat dan barang tidak terhambat,” ujarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *