25/06/2022

Ketua DPRD Merangin Dorong Petani Buka Kembali Sawah di Eks Lokasi PETI

1 min read

BANGKO- Ketua DPRD Merangin, Herman Efendi dorong warga buka kembali sawah di bekas lokasi Pertambangan Emas Tanpa Izin (Peti) di Pangkalan Jambu.

Ini dikatakan Herman Efendi saat panen padi sawah di bekas lokasi PETI di desa Sungai Jering, Kecamatan Pangkalan Jambu, Rabu (15/4).

Kondisi terkini di desa Sungai Jering kurang lebih 25 hektar dari 125 hektar bekas lokasi Peti digarap kembali jadi sawah.

Tingginya anggaran untuk mengembalikan bekas lokasi Peti jadi sawah produktif menjadi kendala petani.

“Kita melihat sawah di bekas Peti ini padinya bagus, padahal tidak diberikan pupuk. Hanya saja petani terkendala dana untuk membuka kembali sawah mereka,” kata Herman Efendi.

Fendi melanjutkan ada semangat warga untuk kembali bersawah, dan dewan akan membahas dengan Pemkab Merangin bagai mana solusi mempercepat membuka kembali sawah di bekas lokasi Peti.

“Petani kembali bersemangat membuka kembali lahan tidur dan ini perlu kita dorong. Dewan akan koordinasi dengan Pemkab untuk mengalih fungsi lahan tidur supaya produktif kembali,” seburnya.

“Disini (Sungai Jering) kurang lebih 25 Hektar sudah jadi sawah kembali. Masih ada 100 hektar lagi lokasi bekas Peti yang masih tidur, kita dewan akan suarakan ini Ke Pemkab,” tambah Fendi lagi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.