28/11/2021

Kantor Pertanahan Optimis Sertipikat Gratis Selesai November

1 min read

?

BANGKO – Kantor Pertanahan Kabupaten Merangin menargetkan Proyek Nasional (Prona) sertifikat gratis, selesai November mendatang. Kepala Kantor Pertanahan Merangin, Kartono, mengatakan sangat optimis 3400 sertifikat gratis 2016 ini terealisasi 100 persen.

Kartono, juga mengatakan bahwa tahunan ini fokus untuk menertibkan administrasi pertanahan. Dengan begitu seluruh tanah yang ada di wilayah Kabupaten Merangin akan memiliki bukti kepemilikan, baik itu lahan milik adat ataupun lahan milik negara.

“Kami fokuskan untuk lebih tertib administrasi saja dan setiap tahun kami akan selalu laksanakan terkait Prona sertifikat gratis ini,” kata Kartono, Senin (17/10)
Ia menuturkan, meski tiap tahun ada program sertifikat gratis, namun tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini satu orang hanya bisa menyertifikatkan tanahnya satu bidang.

“Kalau dulu satu orang bisa dua bidang tanah atau lebih. Kalau tahun sekarang, satu orang hanya bisa menyertifikatkan satu bidang saja. Ini untuk pemerataan,” ujarnya.

Kartono juga menjelaskan, tahun ini ada 3400 sertipikat gratis yang tersebar di kabupaten Merangin.

“Prona 2600  sudah selesai 1700, masih ada 900. Dan itu sebagian sudah diserahkan, redis 300 sudah selesai semua, tranmigrasi 220 juga sudah selesai, UKM dari 100 selesai, sertipikat tanah petani 410 selesai 300. Sisanya itu November nanti selesai semua,” tegasnya.(TM05)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *