28/11/2021

Juanda: Kopi Merangin Harus Punya Brand Agar tak Diklaim Daerah Lain

1 min read

BANGKO- Juanda S.Pdi, Politisi PKB yang juga anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Merangin-Sarolangun serap aspirasi masyarakat melalui kegiatan Reses di Merangin, Jumat (27/12).

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jambi ini banyak membahas peningkatan perekonomian dan sektor pertanian perkebunan menjadi bahasan utamanya, ini mengingat masyarakat Merangin dan Sarolangun sebagian besar bergantung pada sektor itu.

Juanda meminta kepada pemerintah Kabupaten Merangin khususnya, agar memberikan brand kepada hasil pertanian Merangin, khususnya Kopi.

Dikatakan Juanda, tak sedikit Kopi Merangin yang kualitasnya sangat baik dibeli oleh provinsi tetangga, sehingga kopi Merangin tidak dikenal oleh pihak luar.

Jika sudah kedaerah lain, nama kopi Merangin sudah tidak menjadi kopi merangin, melainkan kopi daerah itu sendiri.

“Seperti di Lampung, kopi kita banyak dibeli oleh toke disana, sampai kesana tidak lagi jadi kopi Merangin, tapi sudah jadi kopi Lampung,” katanya.

“Ini sangat disayangkan sebab hingga saat ini pemerintah belum mematenkan dan memberi brand kepada kopi-kopi Merangin,” tambah Juanda lagi.

Kabupaten Merangin potensi kopi sangat menjanjikan, ada beberapa kecamatan yang sangat cocok untuk bercocok tanam Kopi. Diantaranya ada Kecamatan Jangkat, Jangkat Timur, Siau dan beberapa kecamatan lainnya.

Kopi Merangin sudah banyak diproduksi, bahkan sudah ada yang mendapatkan penghargaan di jenjang Internasional. Seperti Kopi Jangkat, Serampas dan beberapa merk lainnya.

“Kita minta pemerintah bisa menggabungkan kembali produk-produk lokal kita,” tuntasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *