28/11/2021

Joni Musa Dikukuhkan Pimpin MUI Merangin

2 min read

BANGKO- Dr H M Joni Musa Lc MA dikukuhkan sebagai dewan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Merangin masa khidmat 2021-2024.

Joni Musa beserta pengurus MUI Kabupaten Merangin lainnya dikukuhkan Sekretaris MUI Provinsi Jambi, Yusuf Mu’az dan dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati Merangin, Al Haris dan Mashuri.

Selain Bupati dan Wakil Bupati Merangin, pengukuhan pengurus MUI Merangin yang diselenggarakan di ruang Pola I Kantor Bupati Merangin, Selasa (18/2) juga dihadiri Ketua MUI Provinsi Jambi Dr H Hadri Hasan dan pimpinan Forkopimda.

Amri Amir Wakil Ketua MUI Provinsi Jambi dalam arahannya mengatakan agar MUI Merangin bisa lebih baik dalam pembinaan umat.

“Tugas MUI itu berat, tugasnya membina umat. Saya yakin dengan kepemimpinan MUI Merangin ini, masih muda dan akademiknya juga bagus, kepemahaman dengan ilmu agama Alquran dan Hadis juga bagus,” katanya.

Amri Amir menyebutkan saat ini banyak orang-orang yang pengetahuan tentang keislaman masih kurang, tapi banyak bertindak diluat ketentuan islam atau bertindak radikal.

“Inilah tugas berat, karena banyak yang pengetahuan tentang islam sedikit tapi banyak perlakuannya bertindak diluar ketentuan islam atau radikal. Kalau pengetahunnya luas tidak mungkin berlaku radikal. Kami minta MUI Merangin untuk menangkal hal-hal demikian,” terangnya lagi.

Sementara itu Bupati Merangin, Al Haris dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dengan ketua dan pengurus MUI sebelumnya yang juga sudah banyak membantu Pemkab Merangin.

“Pemkab Merangin berterimakasih pada pengurus MUI yang lama, KH Satar Saleh atas pengabdiannya dan banyak membantu Pemkab Merangin,” kata Al Haris.

Al Haris melanjutkan dimasa akan datang MUI dan pemerintah memiliki tantagan yang berat, sebab itu Bupati berharap MUI menjadi lembaga yang tetap eksis ditengah masyarakat.

“Kita dimasa akan datang memiliki tantangan yang luar biasa, MUI lembaga yang harus tetap eksis ditengah banyaknya pemahaman umat,” sebutnya.

“Kita juga nantinya ada program bersama MUI, Baznas dan forum masjid. Bagaimana keberadaan kita benar-benar dirasakan masyarakat, saya melihat persoalan akhlak, ini perlu menjadi tugas bersama,” tambah Al Haris lagi.

Bupati juga menyarankan agar MUI Merangin hearing dengan DPRD dalam menyurun rencana kerja, agar APBD bisa membantu kinerja-kinerja MUI kedepannya.

“Menyusun rencana kerja kalau bisa hearing dengan DPRD, supaya anggaran bisa disusun bersama sesuai rencana kerja MUI. Kami pemerintah tentulah sangat mendukung program MUI,” imbuhnya.

Sementara itu Joni Musa terkait dipercayakan dirinya mejabat ketua MUI Merangin mengatakan akan berupaya agar MUI dirasakan keberadaannya ditengah masyarakat.

“MUI adalah mitra pemerintah dan membina umat, kami akan berupaya agar Merangin ini masyarakatnya relegius dan mendukung visi misi Pemkab Merangin,” sebutnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *