28/11/2021

Ini Penjelasan Pemkab Terkait Belum Dibahasanya APBD Perubahan

1 min read

BANGKO-Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2016 hingga awal Oktober ini belum dibahas. Begitu juga dengan APBD 2017, belum ada tanda-tanda akan dibahas.

Anggota DPRD Merangin yang juga ketua Komisi I, Badri Husein, mengatakan terkait hal ini pimpinan dewan telah tiga kali menyurati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Merangin, Sibawaihi, dikonfirmasi terkait mengatakan banyak kendala yang menyebabkan belum masuknya usulan pembahasan APBD Perubahan ke DPRD. Salah satunya adanya penundaan transfer Dana Alokasi Umum (DAU.

“Sebenarnya ini musibah nasional, kita sebenarnya tidak ini memperlambat, karena defisit anggaran jadi semuanya jadi terganggu. Cuma kali ini terlambat biasanya kita biasanya selalu tepat waktu,” ujar Sibawaihi.

Sekda menjelaskan Pemkab Merangin, melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berupaya menyesuaikan anggaran dengan program kerja.

“Karena ada penundaan DAU dan defisit anggaran tentu itu harus disesuaikan. SKPD harus menyesuaikan anggaran yang sedikit itu dengan program kerja. Tentu hal ini tidak lah mudah,” terangnya.

“Hingga kini masih banyak SKPD yang belum selesai, karena memang sangat sulit. Bahkan di Sekwan juga belum selesai melakukan rasionalisasi,” tambahnya lagi.

Sementara untuk APBD 2017, selain masalah defisit anggaran juga terkendala dengan adanya perubahan susunan tata kerja perangkat daerah.

APBD 2017 haruslah disesuaikan dengan SKPD baru, sehingga anggaran dapat digunakan sesuai dengan SOTK yang baru disahkan. Namun ditargetkan Oktober ini sudah selesai dibahas.

“TPAD (Tim Perencanaan Anggaran Daerah) siang malam bekerja terkait anggaran itu. Dan memang tahun ini sangat sulit, tidak hanya kita, kabupaten lain juga seperti itu. Namun Bupati menargetkan bulan Oktober ini tuntas semua,” tuntasnya.(TM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *