12/08/2022

Hadiri Pelantikan Kades di Merangin, Gubernur Al Haris:Kedes Terpilih Harus Mampu Bawa Perubahan

2 min read

BANGKO – Gubernur Jambi, Al Haris menghadiri pelantikan sebanyak 169 orang Kepala Desa Terpilih serta Pengukuhan sebagai Pembina Lembaga Adat Desa serta Pelantikan Ketua TP PKK Desa Kabupaten Merangin Masa Jabatan 2022-2028, yang berlangsung di Lapangan Depan Kantor Baru Bupati Merangin, Selasa (14/06).

Pada kesempatan itu, Al Haris menegaskan Kepala Desa terpilih harus membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Bekerja dengan sungguh dan mengikuti aturan dan undang undang yang berlaku dalam memanfaatkan dana desa, alokasi dana desa, agar anggaran efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

“Saya ingatkan kepada Kades terpilih harus bisa membawa perubahan, bekerja sama dengan baik merangkul semua kalangan untuk bersama sama dalam membangun desa. Begitu juga dalam penyusunan program, pelaksanaan program, sampai pada pengawasan dan evaluasi, harus selaras dengan program Kabupaten, Provinsi, dan Nasional,” tegas Al Haris.

Dikesempatan itu, Al Haris juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan masyarakat Kabupaten Merangin yang telah bekerja keras dan berkontribusi dalam pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022, di Kabupaten Merangin pada tanggal 14 Mei 2022,berlangsung dengan lancar, tertib, dan aman, dan memedomani protokol kesehatan Covid-19.

“Partisipasi masyarakat yang sangat tinggi dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilihan kepala desa, berdasarkan laporan dari  Bupati Merangin, persentase rata-rata partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya mencapai angka 87%, bahkan ada yang mencapai 100% di 9 (Sembilan) desa. Harapannga ini merupakan wujud aspirasi sekaligus partisipasi masyarakat untuk membangun Kabupaten Merangin menjadi lebih baik lagi kedepannya,” lanjut nya.

Al Haris mengharapkan kepada Kades bisa meningkatkan kemajuan desa dan perekonomian masyarakat desa secara signifikan. Kades juga harus mendengarkan dan dengan cepat mencari solusi isu isu yang berkembang ditengah masyarakat dengan duduk bersama sama.

“Sebagai Pembina Lembaga Adat Desa Kades harus berupaya melestarikan adat, termasuk dengan sosialisasi dan edukasi nilai-nilai adat dan budaya kepada generasi muda. Menggunakan pendekatan adat dan budaya dalam meredakan, menyelesaikan manakala ada perselisihan kecil dalam kehidupan bermasyarakat,” tandasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.