25/06/2022

Gubernur Jambi Al Haris Lepas Event Kerintji Mountain Bike Grand Fondo di Sungai Penuh

3 min read

SUNGAI PENUH – Gubernur Jambi Al Haris secara langsung melepas Kerintji Mountain Bike Grand Fondo, di Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh, Sabtu (26/02).

Hal ini, kata Al Haris sebagai upaya Pemerintah Provinsi Jambi untuk memulihkan perekonomian masyarakat dalam melakukan beberapa event.

Rute dari Kerintji Mountain Bike Grand Fondo terbagi dalam 2 etape, etape pertama adalah start dari Lapangan Merdeka Sungai Penuh kemudian finis di M10 Kayu Aro yang berlangsung pada tanggal 26 Februari 2022 dan etape kedua adalah start dari M10, Kayu Aro kemudian finis di Dermaga Danau Kerinci yang berlangsung pada tanggal 27 Februari 2022.

Adapun peserta, sebanyak 139 orang dengan beberapa kelas lomba yaitu: 1. Putra 19 Up Open, 2. Putri 19 Up Open, 3. Putra 17-18 Open, 4. Putra 19 Up Lokal Jambi, 5. Master A Putra 30-39, 6. Master B Putra 40 Up dan 7. Putra Lokal Kerinci dan Sungai Penuh.

“Event ini merupakan salah satu upaya kita bersama dalam melakukan pemulihan ekonomi masyarakat ditengah pandemi covid-19, sehingga perekonomian masyarakat Jambi kembali bergeliat. Kita juga mengedukasi kepada masyarakat bahwa ditengah pandemi covid-19 bisa melakukan event event, dengan menerapkan protokol kesehatan benar.

“Kita menginformasikan kepada masyarakat bahwa event sudah bisa dilaksanakan apabila menerapkan protokol yang benar, karena melalui event event seperti ini, bisa memberikan efek luar biasa bagi perekonomian masyarakat sekitar, seperti perhotelan, tempat tempat makan, tempat souvenir dan masih banyak yang lainnya. Melalui event ini tentunya kita bisa mempromosi Kerinci kepada masyarakat luas, sehingga akan banyak wisatawan berkunjung yang pada akhirnya berimbas kepada peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Al Haris.

Pemerintah Provinsi Jambi, sambung Al Haris, telah mempersiapkan Kerinci menjadi Geoheritage dan masuk kedalam geopark nasional, sehingga Provinsi Jambi memiliki 2 geopark yaitu geopark Merangin dan geopark Kerinci. Pertimbangannya adalah adanya berbagai destinasi wisata yang ada di Kerinci, mulai dari Gunung Danau, Danau Gunung Tujuh, dan masih banyak lainnya yang bisa menjadikan Kerinci sebagai geopark nasional, terlebih Kerinci sudah menjadi branding pariwisata Provinsi Jambi.

“Kita mempersiapkan Kerinci menjadi geoheritage untuk masuk kedalam geopark nasional. Event ini bertujuan untuk mendukung Kerinci menjadi geopark nasional, karena kita mengetahui Kerinci memiliki wisata alam yang indah dan lengkap, mulai dari gunung, air terjun, danau sampai dengan hamparan teh yang luas.

“Saya mengharapkan masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh menjaga apa yang ada dan mendukung penuh Kerinci sebagai kota wisata bagi Provinsi Jambi, karena kedepannya akan ada event event besar yang memberikan multiplier effect pariwisata bagi masyarakat Kerinci sehingga membantu dalam meningkatkan perekonomian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambah Al Haris.

Selajunt Al Haris mengungkapkan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam waktu dekat akan melaunching dan Bapak Menteri mengumumkan daerah daerah yang menyelenggarakan even even nasional.

“Insha Allah, Provinsi Jambi akan menyelenggarakan 3 event nasional yang salah satunya adalah Festival Kerinci. Semoga dengan adanya even nasional di Provinsi Jambi dapat lebih meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata, karena sektor pariwisata menjadi salah satu andalan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh,” paparnya.

Al Haris mengharapkan Pemerintah Kabupaten Kerinci dan Pemerintah Kota Sungai Penuh melakukan kolaborasi dalam menyelenggarakan Festival Kerinci, karena Kerinci ini ada 2 wilayah yaitu Kerinci dan Sungai Penuh.

“Saya mengharapkan mulai dari sekarang Pemerintah Kabupaten Kerinci dan Pemerintah Kota Sungai Penuh benar benar mempersiapkan Festival Kerinci ini dengan baik dan dikemas semenarik mungkin karena ini merupakan event nasional. Kita harus menarik para wisatawan sebanyak ke Kerinci ini dan membuat mereka terkesan, sehingga kedepannya akan banyak yang berkunjung ke Kerinci,” harap Al Haris.

“Saya berpesan kepada seluruh masyarakat Jambi untuk menumbuhkan rasa optimisme yang tinggi, bahwa Provinsi Jambi akan bangkit secara keseluruhan, perekonomian masyarakat Jambi akan pulih dan meningkat dengan pesat, serta terus menerapkan protokol kesehatan dengan benar dan melakukan vaksinansi sebagai salah satu upaya dalam pencegahan covid-19. Mudah mudahan dalam waktu dekat ini, WHO bisa mencabut status pandemi menjadi endemi sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas secara normal kembali tanpa ada rasa ketakutan yang berlebihan,” tutup Al Haris.

Sementara, Wakil Walikota Sungai Penuh, Alvia Santoni mengharapkan event event besar seperti ini kedepannya bisa terus berlanjut di Kota Sungai Penuh.

“Kegiatan Kerintji Mountain Bike Grand Fondo ini merupakan salah satu upaya dalam mendatangkan para wisatawan ke Kerinci sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi, sehingga nantinya masyarakat Kerinci dapat merasakan manfaat dari kehadiran para wisatawan, yaitu adanya perputaran kegiatan perekonomian yang berimbas pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.