25/06/2022

Gubernur Al Haris Resmikan Pelabuhan Dan Masjid di Muaro Jambi

2 min read

MUARA JAMBI – Gubernur Jambi, Al Haris meresmian Pelabuhan PT Surya Global Makmur dan Masjid Nameira Hamidah, di Desa Teluk Jambi Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi, Jumat (10/06).

Hal ini guna .memperkuat infrastruktur di Provinsi Jambi, dimana dengan adanya pelabuhan ini dapat lebih meningkatkan konektivitas antar suatu daerah.

“Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh PT. Surya Global Makmur untuk membangun pelabuhan beserta sarana dan prasarananya guna melayani angkutan penyeberangan sungai untuk kepentingan sendiri ataupun masyarakat sekitar,” kata Al Haris.

Provinsi Jambi ini, sambung Al Haris memiliki banyak potensi sumber daya alam, seperti komoditas perkebunan dan pertanian yang cukup besar, dengan kondisi tersebut tentunya memerlukan suatu outlet menuju daerah tujuan, baik melalui jalur darat maupun jalur air.

“Dengan adanya pelabuhan bisa memperlancar konektivitas dan meningkatkan kecepatan dalam pengiriman komoditas tersebut. Pelabuhan ini sangat penting bagi aktivitas perusahan itu sendiri, selain itu juga dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar serta dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” lanjutnya.

Lanjut Al Haris, Provinsi Jambi saat ini tengah mengembangkan pelabuhan samudera yaitu Pelabuhan Ujung Jabung. Nantinya, itu bisa berguna untuk kegiatan keluar masuk arus barang dari Provinsi ke daerah dan negara lain. Pelabuhan tersebut, saat ini sedang dalam proses pembangunan oleh Kementerian Perhubungan. Diharpakan dapat selesai dan beroperasional dalam beberapa tahun mendatang.

“Hal ini sejalan dengan beberapa kegiatan proyek strategis yang sedang dan akan dimulai, diantaranya adalah rencana pemerintah pusat membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Provinsi Jambi. Saat ini, telah dilakukan penetapan lokasi dan pembebasan lahannya oleh Kementerian PUPR. Semoga rencana pembangunan tersebut memberikan pengaruh tumbuhnya pusat-pusat kegiatan dan kawasan ekonomi baru di Provinsi Jambi,” tegas Al Haris.

Semakin terbukanya daerah yang terhubung dengan pusat-pusat kegiatan tersebut, kata Al Haris, dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan investasi di Provinsi Jambi melalui keterlibatan pihak swasta dan berdampak positif pada percepatan pembangunan.

“Saya mengharapkan kedepannya, pelabuhan yang dibangun oleh PT Surya Global Makmur dapat berfungsi dan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat,” tandasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.