30/06/2022

Gubernur Al Haris Dorong Agar Tanaman Porang Jadi Komoditi Unggulan Jambi

2 min read

BANGKO – Pemerintah Provinsi Jambi mendorong Komoditi Porang agar bisa menjadi produk terbaik dan unggulan di Provinsi Jambi.

Hal ini dikatakan, Al Haris pada acara Tanam Perdana Porang serta Pelantikan Asosiasi Petani Porang Merangin (APPM), di Desa Langling Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin, Jum’at (14/01).

“Saya telah mendengar secara langsung testimoni dari petani porang yang menanam 4 ribu batang di lahan seluas lebih kurang ¼ hektare dengan mendapatkan hasil sebanyak lebih kurang 5 ton, dimana perkilonya berada pada harga Rp.6.500,-. Artinya ini tanaman porang ini menjanjikan dan merupakan kesempatan yang baik untuk kita semua, Pemerintah Provinsi Jambi akan terus mendorong agar bercocok tanam porang sehingga bisa menjadi komidit inggulan di Provinsi Jambi,” ujar Al Haris.

Disebutkannya, tanaman porang ini merupakan salah satu produk pertanian Indonesia yang saat ini sudah mulai booming. Baik di dalam negeri, maupun di luar negeri karena tanaman porang mudah cara penanaman dan perawatannya.

“Kabupaten Merangin memiliki potensi lahan yang cukup luas untuk melakukan penanaman porang, ini peluang bagi petani yang mengembangkan tanaman porang.
Kita akan mempersiapkan pangsa pasar, hilirisasi tanaman porang ini sehingga bernilai tinggi di pasaran serta mempersiapkan hal lainnya, tambahnya.

Al Haris mengingatkan, petani jangan bercocok tanam porang. Karena, kedepannya tanaman porang ini sangat menjanjikan. Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi akan membantu petani tanaman porang, mulai dari proses penanaman sampai penjualan, terutama dalam memastikan pangsa pasar.

“Porang saat ini sudah konsumsi dunia dan masuk kedalam program Bapak Presiden Joko Widodo. Selain bermanfaat, juga menunjang terwujudnya ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya perekonomian Kabupaten Merangin karena sangat menjanjikan,” papar Al Haris lagi.

Selanjutnya, Al Haris juga berpesan kepada asosiasi dan para petani untuk terus semangat dalam upaya pengembangan porang bukan hanya sesaat saja, tetapi niat dan tekad harus kuat sehingga dapat terus berkelanjutan.

“Pemerintah Provinsi Jambi turut berusaha membantu petani dan asosiasi dalam menciptakan nilai tambah bagi tanaman porang, sehingga menghasilkan manfaat yang maksimal bagi Provinsi Jambi,” pungkasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.