25/10/2021

Gawat, Sudah Lima Bulan Vaksin Rabies Kosong

1 min read

BANGKO-Warga Tabir, sepekan terakhir ini dicemaskan dengan berkeliarnya anjing gila. Bahkan sudah dua orang warga kelurahan Dusun Baru menjadi korban gigitan anjing gila tersebut.

Namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Merangin sepertinya tidak bisa berbuat banyak untuk membantu korban gigitan anjing gila di Tabir. Pasalnya sejak lima bulan terakhir, stok vaksin rabies lagi kosong.

Hal ini dikatakan Dede Sulaiman, bahwa sebenarnya pihaknya sudah beberapa kali  mengajukan pembelian vaksi rabies melalui catalog yang ditetapkan kementrian kesehatan, namun selalu di tolak.

“Stok vaksin rabies dari bulan Juni hingga saat ini masih kosong, kita sudah coba melakukan pembelian namun selalu di tolak. Alasannya karena minimnya anggara,” ungkap Dede.

“Kalau ada yang di gigit anjing gila, kita cuma bisa sarankan bawa ke rumah sakit. Karena kita tidak punya vaksin untuk membantunya,” tambah Dede.

Dede mengaku belum bisa memastikan kapan stok vaksin rabies tersebut tersedia. “Kita mencoba melakukan pembelian dengan system tender. Karena jenis vaksin yang akan di beli tidak ada di dalam catalog kementrian kesehatan,” sebutnya. (TM07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *