21/10/2021

Gawat….Ratusan Hektar Tanaman Padi di Merangin Terancam Puso

1 min read

BANGKO-Akibat dilanda banjir, ratusan hektar sawah di Kabupaten Merangin terancam puso. Apa lagi pada yang terkena banjir tersebut masih berumur seminggu hingga sebulan.

“Yang terkena banjir itu 251 Ha. Itu luasan yang dilaporkan petugas lapangan ke Dinas. Itu akibat meluapnya sungai disejumlah wilayah baru-baru ini,” ungkap Pargito, Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Merangin.

“Semuanya itu baru tanam, bahkan umur padinya juga baru dari baru tujuh hari hingga sebulan. Kondisinya terendam banjir semua dan ketinggian airnya juga bervariasi,” katanya.

Hanya saja pihaknya belum bisa menyimpulkan, apakah semua padi yang dilanda banjir tersebut puso semua atau sebaliknya. Terkait itu pihaknya masih melihat situasi dilapangan.

“Itu akan kita cek lagi. Apakah puso atau masih ada harapan pulih lagi. Tapi kalau puso berarti gagal sama sekali,” sebutnya.

Ratusan hektar sawah terancam puso akibat terkena banjir itu terdapat disejumlah Kecamatan di Kabupaten Merangin seperti Kecamatan Tabir, Tabir Ulu, Batang Masumai dan juga Pamenang.

“Ya kalau puso itukan gagal total. Kita harap nanti dapat cadangan benih nasional (CBN), makanya kejadian ini kita data dan laporkan ke provinsi,” tuturnya.(TM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *