28/10/2021

Diserang Hama Babi, Petani di Jangkat Resah

1 min read

 

BANGKO-Serangan hama babi resahkan petani di Kecamatan Jangkat. Puluhan hektar tanaman warga dirusak kawanan babi sejak beberapa waktu belakangan ini. Akibatnya petani terancam merugi atau gagal panen.

Seperti diungkapkan Suratman, salah seorang petani di Desa Renah Alai. Ia mengutarakan puluhan hektar tanaman warga kini pora-poranda diserang hama babi.

“Sangat parah babinya. Setiap malam ngali ubi di kebun. Semua petani mengalami kondisi yang sama. Kalau seperti ini bisa habis semua,” tutur Suratman.

Tidak hanya di desa Renah Alai, ternyata hama babi juga sudah meresahkan petani dihampir seluruh Kecamatan Jangkat. Seperti di Desa Madras, Lubuk Pungguk, Koto Renah dan kawasan Renah Pelaan.

“Kalau ditinggal semalam saja, apapun  tanaman pertanian warga, entah itu ubi, pisang, jagung dan lain sebagainya, tak jarang menjadi santapan hebat para hama babi tersebut,” ungkap Mursalin warga Desa Lubuk Pungguk.

Camat Jangkat Sodri, juga membenarkan jika petani di wilayah Jangkat cukup diresahkan dengan hama babi yang tak kunjung berhenti.

“Memang selama ini, warga hanya bisa melakukan pengusiran dengan cara tradisional, paling hal yang paling ektrim pengusiran dilakukan dengan cara melakukan penembakan dengan senjata angin,” ucapnya.(TM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *