21/10/2021

Di Jujun Kerinci, Al Haris Disambut Sirih Sembah Anak Betino

1 min read

KERINCI- Sirih sembah anak betino sambut Al Haris, Bupati Merangin diacara kenduri adat, kenduri pusako dan kenduri padi sudah tuai wilayah kerapatan adat negeri Jujun, Kabupaten Kerinci, Minggu (13/10).

Al Haris yang hadir beserta istri Hesnidar, pertama disambut hangat keluarga besar Luhak Kalbu Depati Jujun.

Al Haris yang jalan beriring dengan delapan depati, delapan nenek mamak dan lima kepala Desa disambut dengan sirih sembah anak betino, tarian tradisional negeri Jujun dan jamuan makan oleh keluarga besar Luhak Depati Jujun.

Usai jamuan makan keluarga Depati Jujun, selanjutnya Al Haris bersama depati negeri Jujun sambut keluarga besar Depati Kujuo, sama dengan sebelumnya Al Haris juga diberi sirih sembah, disambut tarian dan dijamu makan di rumah Depati Kujuo.

Selanjutnya, bersama Depati negeri Jujun Al Haris kembali disambut sirih sembah anak betino Depati Manco dan Depati Mantan “Payung sekaki kembangnyo duo”.

Sama dengan sebelumnya Al Haris bersama Depati negeri Jujun juga disuguhkan tarian dan jamuan makan di rumah Depati Manco dan Depati Mantan.

Selanjutnya, sirih sembah anak betino, persembahan tarian tradisional dan jamuan makan juga didapati Al Haris dan rombongan depati negeri Jujun di rumah Depati Jayo dan Depati Tarajo patung sekali kembangnyo duo.

Wilayah kerapatan adat negeri Jujun terdiri dari delapan depati dan delapan ninek mamak dan lima rumah pusako. Dan secara adminitrasi negeri Jujun terdiri dari lima desa yakni Desa Jujun, Pasar Jujun, Koto Baru Jujun, Koto Agung Jujun, Talang Lindung Jujun.

Kenduri adat, kenduri pusako dan kenduri padi sudah tuai wilayah kerapatan adat negeri Jujun ini diselenggarakan setiap tahunnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *