26/01/2022

Bupati “Cium” Ada Kades Main PETI, Deadline Alat Keluar 31 Maret 2021

1 min read

BANGKO- Bupati Merangin ‘mencium’ ada Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Merangin ikut melakukan aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI).

“Ada indikasi laporan dari warga dan pihak kepolisian bahwa ada Kades-Kades yang bermain PETI tentu ini sangat bertentangan dengan apa yang mereka pernah buat yaitu fakta integritas,” kata Bupati Merangin, Al Haris, Senin (08/03/2021).

Terkait itu Bupati mengeluarkan instruksi tegas pada Kades untuk menghentikan aktivitas pertambangan ilegal di wilayah desa masing-masing.

Bupati mendeadline Kades yang bermain PETI untuk mengeluarkan alat berat atau menghentikan aktivitas ilegal tersebut paling lambat 31 Maret 2021 ini.

“Menyikapi ini semua karena kami pernah membuat fakta integritas dengan para Kades pada saat pelantikan, saya mencoba mengajak kembali para Kades melihat bahwa mereka pernah membuat fakta integritas. Tujuan saya adalah agar mereka menyadari bahwa mereka pernah membuat sebuah komitmen dengan saya bahwa mereka menolak PETI di desanya,” sebut Bupati Merangin dua periode ini.

“Kita ingin sekali mereka (Kades) memahami bahwa mereka adalah aparatur pemerintah yang merupakan kepanjangan kami (Pemerintah Kabupaten) ditingkat bawah di desa. Artinya apa pun kebijakan kami apa lagi mereka sudah berjanji dengan kami, maka kita bikin sebuah intruksi kepada kepala desa agar mereka menjauhi PETI, mereka larang masyarakat, kalau ada alat sudah operasi disitu segera keluarkan,” katanya lagi.

Jika tidak mengindahkan intruksi tersebut, ditegaskan Bupati bahwa hal itu sepenuhnya diserahkan ke pihak Kepolisian untuk melakukan tindakan hukum.

“Kalau masih ada tentu kita menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk mengeluarkan alat berat dan mereka kita minta untuk mengambil langkah-langkah yang tegas,” tegasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.