25/06/2022

BKSDA Amankan Kucing Cantik yang Dikira Warga Anak Harimau

1 min read

BANGKO- Warga di Kelurahan Pematang Kandis, Minggu (26/1) malam menangkap seekor kucing hutan yang awalnya dikira anak harimau.

Udin Ikhwanuddin, Kepala Seksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Jambi mengatakan kucing cantik tersebut ditangkap warga sekitar pukul 21.10 WIB.

Penangkapan kucing hutan ini cukup menghebohkan warga, karena awalnya dikira warga anak harimau dan khawatir tidak jauh dari tempat itu ada induknya.

“Jadi kucing hutan ini masuk ke rumah warga dan ditangkap warga dengan tudung nasi. Warga kira itu anak harimau dan khawatir ada induknya disekitar situ, lalu warga memberita tahu kami,” kata Udin Ikhwanuddin, Selasa (27/1).

“Lokasinya masih di kota Bangko di Kelurahan Pematang Kandis, waktu itu kita datang warga cukup rame dan setelah kita amati ternyata kucing hutan,” ujarnya lagi.

Kucing cantik dengan corak bulu memiliki warna dasar kuning kecokelatan dan disertai garis belang hitam dari kepala hingga tengkuk ini memang mirip anak harimau. Apa lagi melihat corak di bagian badannya berupa tutul-tutul hitam yang sangat mirip sekali dengan harimau atau macan tutul.

Kucing hutan dengan nama latin prionailurus bengalensis sumatranus atau juga banyak dikenal dengan nama kucing blacan, meong congok, kucing congkok, macan rembang, macan akar, kucing kuwuk atau macan rembah ini kini diamankan di kantor BKSDA Wilayah I Jambi.

“Kita amankan di kantor nanti kita lakukan cek kesehatannya, kita rawat dulu dan nanti akan kita lepaskan ke habitatnya,” tuntasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.