28/10/2021

“Bingkisan” Petani yang Menyentuh Budiawan Basuki

2 min read

Letkol Inf Budiawan Basuki tidak hanya dipandang sebagai sosok pemimpin yang baik dan mengayomi bagi bawahannya di Kodim 0420 Sarko. Ia tidak hanya dekat dengan pemerinyah, tapi juga akrab dengan petani di Kabupaten Merangin.

Bupati dan Wakil Bupati Merangin, Al Haris dan Khafied Moen, bahkan menobatkan Budiawan Basuki menjadi “Warga kehormatan tani Merangin”. Ia diberikan selempang dan mahkota terkait itu.

Kontribusi Budiawan Basuki terhadap warga Merangin ini dibalut dalam sebuat acara pisah sambut Dandim 0420 Sarko dari Letkol Inf Budiawan Basuki kepada Letkol Inf I Nyoman Yudhana DP, di Aula Rumah Dinas Bupati, Kamis (6/10) malam.

Tidak hanya Bupati dan Wakil Bupati, Ia juga mendapatkan kenang-kenangan yang membuat dirinya terharu dari petani di Merangin. Ia dibekali para kelompok petani hasil pertanian, seperti beras, kentang, jagung, kedelai sampai bawang merah.

“Nilainya tidak seberapa, tapi ini yang membuat saya paling tersentuh,” kata Budiawan Basuki kepada Terasmerangin.com.

Bupati Merangin, Al Haris, mengatakan masyarakat Merangin jelas akan merasa kehilangan  sosok Letkol Inf Budiawan. Sebab dengan kepemimpinanya ada kegairahan tersendiri antara TNI dengan Petani.

“Semua lapisan masyarakat Merangin pasti kehilangan dengan sosok Damdim Letkol Inf Budiawan Basuki Ini. Apalagi para petani, sejak adanya Program Pajale kehadiran TNI di tengah petani  sangat mengagumkan,” kata AL Haris.

“Letkol Inf Budiawan ini memang figur yang luar biasa dan saya tidak akan bisa melupakannya. Kapan saja saya menelponnya biar pun  tengah malam, pasti angkat. Kami duduk bersama di tengah malam membahas yang terjadi di Merangin,” tambah Al Haris lagi.

Sementara itu Budiawan Basuki dalam pidato terakhinya di depan Bupati Merangin, pimpinan Forkopimdan, para kepala SKPD dan patani menagatakn banyak terimakasih atas kerjasama dan telah menerimanya dengan baik ditengah masyarakat.

“Selain itu saya juga banyak ke kurangan, terutama terkait persoalan yang belum bisa diselesaikan seperti PETI. Saya memang belum mampu menertibkan PETI, tapi paling tidak saya tidak ikut merusak lingkungan dan terlibat didalamnya,” kata Budiawan Basuki.

Letkol Inf I Nyoman Yudhanha Dewata Putra yang sebelumnya mejabat Danyon 142/KJ Jambi, gantikan Letkol Inf Budiawan Basuki sebagai Komandan Kodim 0420 Sarko. Sementara Letkol Inf Budiawan Basuki pindah ke Mabes angkatan Darat di Jakarta.(TM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *