28/11/2021

Asyik….Gagal Panen Petani Bisa Dapat Ganti Rugi

1 min read

BANGKO-Kabar gembira bagi seluruh petani di Kabupaten Merangin, sebab tidak perlu lagi khawatir tanamannya gagal panen. Pemerintah pusat melalui program kebijakan paket ekonomi III akan menganti rugi tanaman petani yang gagal panen.

Namun sayangnya di Merangin program ini tidak popular di tengah masyarakat, khususnya petani.  Ini terlihat dari masih sedikitnya petani yang mengikuti program ansuransi ini.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Kabupaten Merangin, Rumusdar, mengungkapkan dari sekitar 11 ribu hektar sawah di Merangin, baru lebih kurang 200 hektar yang masuk asuransi.

“Mungkin tim kita di lapangan yang kurang mensosialisasikan,sehingga petani masih kurang mengerti dengan asuransi ini,” kata rumusdar.

Lebih lanjut, rumusdar mengatakan petani cukup membayar Rp 36.000 per hektar, jika terjadi bencana atau sawah di serang hama, maka petani akan mendapatkan asuransi sebesar Rp 6 juta.

“Alangkah enaknya petani, cuma bayar Rp 36 ribu per hektar, bisa dapat asuransi Rp 6 juta,” ujarnya.

Peluang ini tentunya sangat bermanfaat bagi petani di Kabupaten Merangin, apa lagi Merangin dikategorikan daerah rawan bencana.”Ini merupakan peluang bagi petani agar tidak mengalami kerugian besar. Sehingga disarankan agar para petani mendaftar asuransi yang telah di persiapkan pemerintah ini,” tuntasnya.(TM07)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *