26/05/2022

Al Haris Rapat Persiapan Pembangunan Tol Betung – Jambi

2 min read



JAMBI – Gubernur  Jambi Al Haris melaksanakan Rapat Expose Pengadaan Tanah Jalan Tol Provinsi Jambi, di Ruang Video Conference Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (16/03/).

Pada rapat tersebut,  Al Haris menyampaikan Pemerintah Provinsi Jambi  terus mendorong percepatan pembangunan ruas tol Betung – Jambi dan Jambi – Rengat, dengan menginstrusikan Bupati, Camat dan Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jambi segera menyelesaikan permasalahan terkait pengadaan bidang tanah sebagai lintasan jalan tol.

“Pemerintah Provinsi Jambi siap menjembatani terkait pengadaan bidang tanah untuk percepatan pembangunan jalan tol Betung – Jambi dan Jambi – Rengat yang termasuk Tol Trans Sumatra. Konsekuensi pengambilan atau penggantian kerugian terhadap masyarakat yang berhak sebagai pengganti nilai tanah termasuk benda-benda yang ada diatasnya, agar pembangunan ruas jalan tol cepat terlaksana.

“Pemerintah akan membantu menyelesaikan persoalan ganti rugi tanah, ada beberapa titik yang perlu dipertegas dengan ganti ruginya dipercepat, kita minta kepada Pemerintah Pusat untuk segera membayar, ada sekitar lebih kurang Rp.82 milyar sampai hari ini harus segera dibayarkan, karena kita khawatir nantinya masyarakat berubah pikiran,” ujar Al Haris.

Saat ini, sambung Al Haris, semua tim pembangunan jalan tol di Provinsi Jambi mulai dari Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan dan Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat sedang berkerja sama  melakukan koordinasi untuk mempercepat proses pembangunan ruas Jalan tol tersebut.

“Proses sosialisasi sudah selesai dilakukan jauh-jauh hari, dan juga dilanjutkan dengan proses peninjauan lokasi, setelah itu baru dilakukan proses ganti rugi yang saat ini sedang berjalan, dan sebagian sudah ada yang dibayarkan. Dalam beberapa hari kedepan, saya akan segera menghadap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Menteri Keuangan, sehingga ruas jalan tol di Provinsi Jambi ini segera dikerjakan,” lanjut Al Haris.

Sementara, asisten Deputi Strategi dan Kebijakan Percepatan Investasi Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi RI, Feri Pasaribu menyampaikan, pelaksanaan pembangunan jalan tol Trans-Sumatra (JTTS) tahap II sepanjang 574 kilometer pada pertengahan 2022.

” Terdapat 3 ruas yang masuk dalam tahap kedua, yakni ruas Betung—Tempino—Jambi dengan total panjang 169 kilometer dan nilai investasi Rp.25,2 triliun, Jambi—Rengat yang membentang sepanjang 198 kilometer dengan nilai Rp.34,19 triliun, dan Rengat—Pekanbaru sepanjang 207 kilometer dengan nilai Rp.43,47 triliun,” tandasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.