21/10/2021

17 Kepala Desa Dilaporkan ke DPRD

1 min read

BANGKO-Beberapa bulan lalu ratusan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Merangin dilantik Bupati Merangin, Al Haris. Namun sudah berbagai permasalahan muncul kepermukaan terkait kepala desa.

Bahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merangin sudah menerima 17 pengaduan dari masyarakat terkait Kades.

Badri Husein, ketua komisi I DPRD Merangin mengungkapkan laporan masyarakat tersebut terkait keputusan Kades mengenai perangkat desa.

“Iya ada 17 pengaduan dari desa tentang perangkat desa masuk (ke DPRD Merangin). Masalahnya hampir sama semua, terkait perangkat desa,” kata Badri Husein.

Ia menjelaskan banyak Kades tidak mengindahkan peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 83 tentang pengangkatan perangkat desa.

“Yang salah satu poinnya itu terkait umur perangkat desa yakni minimal 20 dan maksimal 42 tahun. Sementara ada Kades yang mengangkat perangkatnya tidak sesuai dengan Permendagri nomor 83 itu,” jelasnya.

“Kita sudah turun ke Kecamatan Muara Siau, Lembah Masurai dan Jangkat. Kita juga akan turun ke Kecamatan yang ada Kadesnya dilaporkan,” ujar Badri.

Kepada camat ditegaskan Badri Husein, pihaknya sudah meminta agar menyurati Kades dan membatalkan pengangkatan pengurus desa yang tidak sesuai dengan Permendari nomor 83 tahun 2015 itu.

“Camat sudah kita suruh untuk menyurati Kades. Intinya kalau tidak sesuai dengan Permendagri itu, kita minta Camat batalkan. Kita harap agar desa mentaati Perda tentang pencalonan dan pemilihan Kades dan aturan pengangkatan perengkat desa,” tegasnya.(TM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *