28/10/2021

104 Ribu Warga Merangin Belum Rekam e-KTP

1 min read

BANGKO-Realisasi perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Merangin masih jauh dari target. Pasalnya masih 104 ribu wajib KTP di bumi tali undang tambang teliti sama sekali belum melakukan perekaman data.

Hamidi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Merangin mengatakan antusias masyarakat untuk mengurus identitas kependudukan itu masih sangar rendah. Hal itu juga yang menyebabkan realisasi perekaman e-KTP jadi lamban.

“Kesadaran masyarakat untuk membuat KTP itu masih rendah. Kadang karena ada keperluan tertentu baru mau merekam data,” ujarnya.

Selain rendahnya kesadaran masyarakat, perekaman e-KTP juga terkendala masalah server yang sering mengalami gangguan. Hamidi mengatakan dari 24 kecamatan, 9 diantaranya alat perekam e-KTP mengalami kerusakan.

“Sekarang ini tidak bisa dipaksakan, karena sembilan alat perekaman yang ada di kecamatan rusak, sehingga mereka (kecamatan yang alatnya rusak) melakukan perekaman ke kecamatan tetangga. Ini juga kendala bagi kita,” ujarnya.

Ia menyebutkan dari 296.343 wajib KTP di Kabupaten Merangin, baru sekitar 65 persen yang sudah merekam data  e-KTP.

“Yang sudah merekam baru 65 persen, artinya 35 persen belum,” uangkap Hamidi.(TM-07)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *