25/10/2021

Puluhan Hektar Sawah di Talang Tembago Rusak Parah

1 min read

BANGKO-Puluhan hektar sawah di Desa Talang Tembago, Kecamatan Jangkat Timur, dilanda banjir. Akibatnya meluapnya sungai batang Empenau, Minggu (20/11) sore sekira pukul 15.00 WIB itu, membuat warga mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Putra, warga Desa Talang Tembago mengatakan puluhan hektar sawah yang dilanda banjir tersebut baru saja ditanami padi.”Pada saat bajir terjadi sebagian petani masih berada ditengah sawah, warga saat itu ada yang sedang menanam padi,” ungkapnya.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu, diungkapkan Putra, karena saat hujan turun warga banyak istirahat.”Awalnya para petani sedang istirahat siang, saat mau memulai kerja lagi, hujan turun dengan lebatnya, jadi kita lanjutkan istirahat sambil berteduh di pondok, selang beberapa saat banjir mulai datang,” ucapnya.

Putra melanjutkan, air batang Empenau yang yang tiba-tiba meluap itu menyapu bersih persawahan warga. Akibatnya puluhan hektar sawah milik warga setempat mengalami kerusakan yang cukup parah.

” Diperkirakan airnya setinggi tiga meter, jadi sawah yang berada persis d bibir sungai lansung dihantam banjir,” ungkapnya.

Putra juga mengungkapkan, dilokasi yang sama sudah dua kali dilanda banjir.”Isak tangis warga pun tak terbendungkan, menyaksikan sawah mereka yang padinya hanyut diterjang banjir,” cetusnya.

Kepala Desa Talang Tembago, Hen Radion, juga mengatakan kalau kejadian banjir kali ini persis sama seperti tahun 2015 lalu.

“Saya sedang berada di Bangko sekarang, tadi banyak warga saya nelepon, melaporkan kejadian banjir ini. Untuk saat ini di lokasi sawah tersebut memang sebagian besarnya baru selesai menanam, ada juga yang sudah hampir panen,” pungkasnya.(TM03)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *