28/10/2021

Kodim Sarko Bersama Tim Obati  Warga SAD Sakit

2 min read

BANGKO – Wabah penyakit menyerang warga SAD di simpang Bedaro Mekekal Desa Mekar Jaya  Kecamatan Tabir Selatan Dan Desa Sungai Bulian Tabir Timur Kabupaten Merangin Sabtu (8/2).

70 orang diantaranya anak balita yang di serang, sedangkan 30 orang lainnya menimpa yang dewasa.

Mendapat laporan tersebut, personil Kodim 0420/Sarko melalui Koramil 420-08/Tabir bersama Tim turun  lansung kelokasi guna menangani warga SAD yang sakit tersebut.

Tanpak Danramil 420-08/Tabir Kapten Kav Mahnun dan anggota bersama instan terkait bersinergi melakukan tindakan pengobatan di dua lokasi itu.

Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han dibincangi media ini membenarkan.

Ia mengatakan, saat ini dirinya sudah perintahkan Koramil Tabir melakukan penanganan bagi warga SAD yang jatuh sakit itu.

“Ki ta sudah perintahkan Danramil Tabir untuk koordinasi dengan instansi terkait agar secepatnya lakukan penangan terhadap warga SAD yang sakit ini, jangan sampai terlambat penangananya,” kata Dandim.

Selain Dandim, seorang guru di perkampungan SAD tersebut yaknj Joko P, terjangkitnya penyakit warga SAD ini berawal 1(satu) tahun lalu, dimana saat itu, SAD yang berjumlah 70 KK sekitar 300 orang dipimpin Tumenggung Silitai melakukan Melangun dari Pauh ke Batanghari.

Setelah dari Batanghari, mereka juga melangun ke Muara Tabir tepatnya di Trans SPG Desa Mekar Jaya Kecamatan Tabir Selatan.

Namun, dalam persinggahannya, selama 10 hari  di jalan Tomat di Desa Mekar Jaya, tercatat 70 balita dan 30 orang dewasa jatuh sakit.

“Ya, setelah mereka  melangun berkumpul di jalan Tomat Desa Mekar Jaya  sebanyak 70 orang balita dan 30 orang dewasa jatuh sakit. Mereka pada mual, batuk, sesak nafas dan panas bahkan sampai terjadi kematian seorang balita”, beber Joko.

Akibat kejadian tersebut warga SAD sebagian ke Mekekal Desa Mekar Jaya dan sebagian lagi ke Sungai Bulian Tabir Timur.

Alhamdulillah semua dapat penangan medis, namun ada satu balita yang dirujuk ke RSU Kol. Abundjani Bangko untuk penanganan lebih lanjut, “ujarnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik

Sumber/ Humas Dandim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *