26/01/2022

Sidang Kasus PETI yang Menjerat Tiga Warga Bungo Kembali Digelar, Agenda Pemeriksaan Saksi

1 min read

BANGKO- Sidang kasus Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang menjerat tiga warga Bungo, hari ini Rabu (24/03/2021) kembali digelar.

Sidang kedua kasus PETI yang berlangsung secara online dengan terdakwa M Ikhsan (45), Benny Noven (41) dan Ghufron (38) ini dengan agenda pemeriksaan saksi.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Merangin, Mohamad Fajrin dikonfirmasi mengatakan sidang pemeriksaan saksi hari ini ada empat orang yang dipanggil.

“Cuma tadi yang hadir dua orang, sopir dump truck (Sopir dump truck yang membawa perangkat alat PETI) dan pemilik Trado (Mobil Trado yang membawa alat berat Eskavator saat diamankan,” kata Fajrin.

Fajrin menegaskan terdakwa dijerat Pasal 89 Ayat (1) Huruf a dan b Undang-undang nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan hutan.

“Serta pasal 158 Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2020 perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba,” ujarnya.

Kasi Pidum juga mengatakan dalam dakwaan selai disebutkan nama-nama satu pemodal dan dua orang sebagai penyedia alat berat.

“Juga disebutkan peran dari lainnya ada sebagai yang mengaku sebagai pemilik lahan, sebagai operator alat berat dan sebagai yang menyuplai makanan dalam aktivitas pertambangan emas tanpa izin tersebut, akan kita panggil disidang berikutnya,” sebutnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.