25/06/2022

PETI Pulau Baru Dan Kederasan Panjang Merja Lela,!! Pengurus Akui Ada Alat Berat Oknum Anggota TNI

2 min read

BANGKO – Aktifitas Pertambangan Emas Tanpa Izin yang kerap di sebut (PETI), di Kecamatan Batang Mesumai sepertinya saat ini semakin menjadi jadi, Rabu (22/6).

Sedikitnya, sekitar tujuh alat berat yang sedang beroperasi di Kecamatan yang berbatas dengan Kecamatan Bangko tersebut. Lima alat di Desa Pulau Baru, dua alatnya lagi di Desa Kederasan Panjang.

” Di dusun kami Pulau Baru ada lima alat yang beroperasi saat ini. Pemilik alat itu, yakni Tomas, Jatmiko, Begel, Imel, Ramli,” ungkap salah satu informen saat membagi informasi ke media ini.

Selain itu, ujarnya, dua alat berat lainnya lagi beroperasi di Desa Kederasan Panjang. Alat tersebut urus oleh Man (45), warga asal Bangko yang menikah dengan warga Desa Ratau Alai.

“Itulah yang kami tau, untuk lebih jelas tanya lah Man lansung siapa pemilik alat yang beroperasi di Kederasan Panjang tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, media ini mencoba menghubungi pengurus yang bernama Man (45) tersebut. Al hasil, dia mengakui jika dirinya di percaya mengurus dua alat yang beroperasi di Desa Kederasan Panjang.

” Iyo, sayo cuma ngurus be. Alat kito dak, alat pak Danil orang Tran, satunya lagi milik salah satu oknum TNI yang saat ini bertugas di Jambi, tapi aku tidak tau namonyo, dio kalau ado masalah baru dio turun, aku cuma orang suruha pak Danil,” jawab Man di konfirmasi melui ponselnya

Kendati begitu, Man mengatakan hanya satu alat yang bisa beroperasi karena alat yang satunya selalu rusak (Selang Hidrolik Sering Bocor). Kini, hanya alat oknum TNI yang bisa beroperasi.

“Bayangkan be, sudah tigo Minggu kerjo hanya dapat tiga on. Alat yang sekok milik pak Danil rusak terus. Dak telok lagi ngurus dak, cuma dapat Rp 800 ribu sebulan, elok kito elok duduk di pasar lagi,” tandasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.