28/11/2021

Lanjutan Sidang Kasus PETI yang Jerat 3 Warga Bungo, Saksi Sebut Aktivitas PETI di Kawasan HP

1 min read

BANGKO- Sidang kasus Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang menjerat tiga warga Bungo kembali digelar Pengadilan Negeri Bangko, Rabu (31/03/2021).

Sidang ketiga kasus PETI yang berlangsung secara online dengan terdakwa M Ikhsan (45), Benny Noven (41) dan Ghufron (38) ini masih dengan agenda pemeriksaan saksi.

Ada tiga saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum dan memberikan keterangan secara online. Begitu pun terdakwa juga mengikuti sidang secara online yang didamping kuasa hukumnya, Toni Irwan Jaya SH.

Dalam sidang kali ini salah satu saksi menyebutkan PETI yang menjerat tiga warga Bungo tersebut beraktivitas di kawasan Hutan Produksi (HP).

“Setau saja itu dalam kawasan HP,” ujar saksi menjawab pertanyaan hakim.

Saksi juga menyebutkan salah seorang dari tiga terdakwa datang kerumahnya memberitahu melakukan aktivitas PETI di wilayah Desa Baru Nalo.

“Ada (Salah satu terdakwa) datang ke rumah, dia memberitahu mau nambang,” kata saksi lagi.

Keterangan saksi ini terkait terdakwa melakukan aktivitas PETI dikawasan HP sama dengan pasal yang disangkakan yakni Pasal 89 Ayat (1) Huruf a dan b Undang-undang nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan hutan.

Selain itu tiga terdakwa juga dijerat pasal 158 Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2020 perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba,”

Sementara sidang selanjutnya dijadwalkan, Kamis (01/04/2021) dengan agenda sidang mendengarkan keterangan saksi ahli.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *