28/10/2021

Karena Ini Illegal Logging Terbiarkan di Merangin

1 min read

BANGKO-Aktivitas bisnis kayu liar atau illegal logging marak lagi diwilayah Kabupaten Merangin. Bahkan aktivitas illegal logging di Merangin saat ini disebut sudah skala besar dan menjadi pemasok utama bahan baku ke somel-somel.

Ade Hadiono, Staf Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) bukit lubuk pekak hulu landai mengungkapkan illegal logging saat ini marak ditiga kecamatan yakni  Kecamatan Pamenang Selatan, Tiang Pumpung dan Lembah Masurai.

Meski aktivitas illegal logging kembali marak, namun KPHP tidak bisa berbuat banyak. Sejauh ini KPHP hanya bisa memberikan peringatan melalui kepala desa (Kades).

Ade Hadiono, mengatakan banyak penyebab yang membuat pihaknya tidak bisa melakukan tindakan tegas. Diantaranya terkait minimnya petugas polisi kehutanan dan juga terkait anggaran.

“Sejauh ini kita hanya mengumpulkan data dan menentukan titik koordinat.Temuan (kayu illegal) banyak cuma tidak bisa menindak lanjuti. Kita tidak punya biaya untuk menyita kayu, karena itu butuh biaya operasional ,” ungkapnya.

Sejauh ini  pihaknya hanya baru bisa memberi peringatan dengan menyurati Kepala Desa agar melarang aktivitas illegal logging diwilayah desanya. “Ada kita surati Kades agar melarang illegal logging diwilayahnya,” sebutnya.(TM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *